MA Sebut Kenaikan Gaji Pokok Paling Utama bagi Hakim

JAKARTA, virprom.com – Ketua Humas Mahkamah Agung (MA) Sobandi menegaskan kenaikan gaji pokok merupakan hal terpenting bagi hakim.

Dia menjelaskan, gaji pokok akan berdampak besar terhadap pensiun yang diterima hakim setelah menyelesaikan tugasnya.

“Saya harap yang paling penting adalah gaji pokoknya karena itu akan berdampak ketika pensiun, kalau dapat (gaji pokok) Rp 12 juta, pensiunnya hanya Rp 3 juta,” kata Sobandi di radio Obrolan Newsroom. di saluran YouTube virprom.com, Rabu (9/10/2024).

Baca Juga: MA Minta Seluruh Hakim Menerima Keputusan Pemerintah Soal Kenaikan Gaji

Meski demikian, Sobandi meminta agar seluruh hakim menerima keputusan pemerintahan Joko Widodo mengenai besaran kenaikan gaji dan tunjangan, karena saat ini pemerintah sedang dalam masa transisi.

Ia meminta hakim tidak bertindak dan kembali bekerja seperti biasa.

“Kita harus memahami situasi pemerintahan transisi saat ini, anggarannya sudah pada periode terakhir. Kami akan kembali ke pengadilan yang berbeda untuk bekerja seperti biasa, tanpa mengambil tindakan,” ujarnya.

Selain itu, Sobandi mengatakan hakim harus bersabar menunggu janji Presiden Prabowo Subianto untuk menyelesaikan tuntutan kenaikan gaji dan tunjangan.

“Anda bilang, kalau dana (gaji) pemerintah saat ini 4 (juta), nanti (pemerintah) akan memberikan 9 (juta) kepada Prabowo, sehingga dipenuhi di bawah pemerintahan Prabowo,” ujarnya. .

Baca juga: KY Dukung Peningkatan Kesejahteraan Hakim

Sebelumnya, hakim di seluruh Indonesia sedang libur panjang mulai saat ini.

Hal itu mereka lakukan untuk memperjuangkan punggung, karena gaji dan tunjangan belum disesuaikan selama 12 tahun.

Juru Bicara SHI Fauzan Arrasyid mengatakan, Gerakan Cuti Bersama Indonesia bagi Hakim dijadwalkan pada 7 hingga 11 Oktober 2024.

Fauzan kembali menegaskan penolakannya terhadap usulan pemerintah menaikkan gaji pokok hakim sebesar 8-15 persen dan tunjangan sebesar 45-70 persen.

Jika usulan ini disahkan, maka Gerakan Cuti Bersama Hakim Indonesia akan menjadi gerakan massal pertama dalam sejarah hakim Indonesia, pada tingkat yang mencakup seluruh hakim di tanah air, kata Fauzan dalam keterangan resmi, Minggu (6). . ). /10/2024). Dengarkan berita dan berita pilihan terbaik langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk masuk ke Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top