Jokowi: Hati-hati dengan Ekonomi Serabutan, Kesempatan Kerja Makin Kecil

Jakarta, virprom.com – Presiden Joko Widodo mewaspadai sejumlah tantangan dalam beberapa tahun ke depan terkait dengan terbatasnya lapangan kerja serta melambatnya pertumbuhan ekonomi global dan berkembangnya teknologi yang dapat menggantikan manusia.

Jokowi khawatir gig economy akan menjadi tren di masa depan. Gig economy adalah sistem tenaga kerja gratis dengan perusahaan yang hanya mengontrak pekerja lepas untuk jangka waktu singkat

“Hati-hati dengan ini, part-time economy, part-time economy,” kata Jokowi, Kamis (19/19/2019) saat membuka Kongres Nasional dan Seminar Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Tahun 2024 di Solo, Jawa Tengah. . 9/2024).

“Kalau tidak dikelola dengan baik akan menjadi kebiasaan,” ujarnya.

Baca Juga: Mengenal Gig Economy, Model Work-from-Home untuk Menghasilkan Uang

Ia mengingatkan, tren gig economy akan ditandai dengan perusahaan yang mengutamakan pekerja lepas dan pekerja lepas dibandingkan mempekerjakan karyawan tetap.

Perusahaan juga cenderung memilih kontrak jangka pendek untuk mengurangi paparan terhadap ketidakpastian global saat ini.

Meningkatnya jumlah pencari kerja juga memperburuk kurangnya kesempatan kerja yang berkelanjutan.

Perusahaan diprediksi akan membuka peluang kerja bagi para freelancer lintas wilayah, bahkan negara.

Baca juga: Ojek online tanpa keamanan: Kami mendesak aturan yang lebih baik dalam gig economy

“Pekerja bisa bekerja di sini, bisa bekerja di negara lain, sehingga lapangan kerja lagi-lagi menyusut dan berkurang,” tegas Jokowi.

Namun, Kepala Negara tidak menjelaskan bagaimana cara mengatasi ancaman tersebut.

“Kami melihatnya bergerak ke arah sana,” kata mantan Wali Kota Solo itu. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top