Pakar Nilai Tak Masalah Keppres Pemindahan IKN Diteken Prabowo

JAKARTA, virprom.com – Pakar hukum tata negara Hamdan Zoelva menilai tidak ada masalah jika Presiden terpilih Prabowo Subianto menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) pemindahan ibu kota DKI Jakarta ke ibu kota nusantara (IKN), Kalimantan Timur ( Kaltim).

Hal itu disampaikannya menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta agar Prabowo menandatangani Perpres pemindahan ibu kota ke IKN.

Hamdan mengatakan, penandatanganan Keppres IKN bisa saja dilakukan pada era Prabowo, meski yang menggagas dan memulai pembangunannya adalah Jokowi.

Namun, dia menegaskan, semua keputusan akan bergantung pada Prabowo begitu Ketua Umum Partai Gerindra resmi menjabat.

“Iya bisa saja. Tergantung Pak Prabowo sebagai presiden berikutnya. Pada dasarnya kalau pemindahan ibu kota itu dilakukan dengan keputusan presiden, siapa pun presidennya,” kata Hamdan saat dimintai konfirmasi virprom.com di Senin. (07/10/2024).

Baca Juga: Jokowi Sebut Perpres IKN Akan Ditandatangani di Era Prabowo, Ini Alasannya

Hamdan menjelaskan, hingga ada keputusan presiden untuk memindahkan ibu kota ke IKN, secara sah dan de facto ibu kota tersebut masih berada di Jakarta.

Oleh karena itu, menurut Hamdan, bisa atau tidaknya Prabowo mau menyetujui pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN.

Ia mengatakan, Prabowo pasti akan mengambil keputusan tersebut setelah mempertimbangkan seluruh persoalan terkait penyelenggaraan pemerintahan.

Ya, pada prinsipnya kekuasaan ada di presiden. Kedua kemungkinan itu tetap ada, karena tergantung bagaimana presiden mempertimbangkan berbagai persoalan terkait penyelenggaraan kekuasaan, imbuhnya.

Baca juga: Dasco: Perpres Pemindahan IKN Masih Dalam Kajian

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan, Perpres pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN hanya bisa ditandatangani pada era Prabowo.

“Iya harusnya (ditandatangani) presiden baru, Pak Prabowo,” kata Jokowi, Minggu (10/6/2024) dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menjelaskan, pemindahan ibu kota bukan sekadar soal pemindahan fisik.

Ia mengatakan, perlu adanya penciptaan ekosistem di Ibu Kota.

“Jadi kalau kita pindah..rumah sakitnya sudah siap karena perlu, pendidikan anak kita juga sudah siap, sekolahnya juga, berarti perlu, TK, SD, SMP, SMA, SMK hingga ke universitas,” katanya. dikatakan.

Baca juga: Jokowi: IKN Harus Ciptakan Kerumunan

Jokowi kemudian mengatakan IKN juga membutuhkan kerumunan, mulai dari restoran hingga warung makan.

Menurutnya, IKN juga membutuhkan tempat pembelian logistik, guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mencari barang.

“Semuanya harus siap. Kalau sekarang apartemennya sudah siap, tapi kantornya belum siap, lalu mau apa?” tambah Jokowi. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top