Berapa Durasi Video TikTok agar Masuk FYP? Ini Dia Rekomendasinya

virprom.com – Untuk kategori Halaman Anda (FYP), konten TikTok yang berhasil masuk menjadi incaran utama banyak pembuat konten. FYP memungkinkan video pembuat konten muncul di halaman beranda pengguna yang belum menjadi pelanggannya, sehingga meningkatkan jangkauan dan keterlibatan.

Bagi para kreator, bergabung dengan FYP bukan hanya tentang popularitas, tetapi juga tentang mengembangkan akun mereka lebih cepat dan efisien. Namun untuk mencapai hal tersebut, perlu dipahami beberapa faktor penting agar konten dapat menarik perhatian algoritma TikTok.

Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan konten di TikTok adalah video tersebut mampu menarik perhatian penonton dari awal hingga akhir.

Video yang berhasil mempertahankan penontonnya dan memiliki engagement tinggi seperti like, comment, dan share akan lebih mudah direkomendasikan ke FYP.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami strategi pembuatan konten yang tepat, termasuk cara membuat video yang menarik, menghibur, dan ingin ditonton atau bahkan ditonton kembali oleh penonton.

Lalu berapa durasi rekomendasi video TikTok agar cepat masuk FYP? Di bawah ini penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: TikTok Luncurkan Kampanye Iklan Bertenaga AI untuk Durasi Video TikTok Agar Masuk FYP

Mengetahui durasi optimal video TikTok untuk menjangkau halaman Anda (FYP) sangat penting bagi pembuat konten yang ingin meningkatkan jumlah pemirsanya.

FYP adalah halaman utama TikTok yang menampilkan video-video rekomendasi berdasarkan suatu algoritma. Semakin tinggi jangkauannya di FYP, semakin banyak penayangan, suka, dan komentar pada video Anda.

Namun menurut data dan tren yang ada, berapa durasi video ideal yang direkomendasikan ke FYP. Dilaporkan dari laman Loomly, video TikTok berdurasi antara 21 dan 34 detik lebih interaktif.

Durasi ini dinilai ideal karena cukup pendek untuk menarik perhatian penonton, namun cukup panjang untuk menyampaikan pesan yang jelas. TikTok merupakan platform yang lebih menyukai konten pendek dan ringkas, sehingga video yang sangat panjang sering kali kehilangan minat penonton.

Di sisi lain, video yang terlalu pendek, misalnya kurang dari 10 detik, dapat dianggap lebih kecil dan berisiko terkena shadow banned karena dianggap sebagai “konten berkualitas rendah” menurut algoritma TikTok.

Meskipun TikTok menawarkan hingga 10 menit dan bahkan 30 menit untuk beberapa pengguna, durasi yang lebih lama tidak selalu ideal untuk akses FYP.

Ini karena pengguna TikTok memiliki rentang perhatian yang pendek, sebagian besar pemirsa lebih menyukai video pendek yang menyenangkan atau informatif.

Sebuah studi yang dilakukan WIRED menunjukkan bahwa lebih dari separuh pengguna TikTok merasa stres jika harus menonton video lebih dari satu menit.

Oleh karena itu, pembuat konten harus fokus pada video pendek namun tetap menarik berdurasi sekitar 30 detik untuk memaksimalkan jangkauan FYP.

Baca juga: Mengapa Komentar Menjadi Biru di TikTok dan Bagaimana Caranya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top