Sejarah dan Tema Hari Keluarga Nasional 2024

virprom.com – Tanggal 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional atau Harganas.

Kepala BKKN Prof. Dr. Haryono Suyono pada masa Presiden Soeharto. Lebih tepatnya pada tanggal 29 Juni 1993 di Provinsi Lampung.

Ide tersebut muncul dari kekhawatiran terhadap masalah kependudukan setelah kemerdekaan ketika angka kematian ibu dan anak meningkat.

Selanjutnya pada tanggal 15 September 2014, Hari Keluarga Nasional (Harganas) disahkan melalui Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 2014.

Apalagi tujuan diperingatinya Hari Keluarga Nasional adalah untuk mewarisi semangat kepahlawanan dan perjuangan bangsa, mengapresiasi dan menuntut keluarga demi kemajuan bangsa, membangun keluarga yang pekerja keras dan mampu maju. Untuk keluarga kaya.

Baca Juga: Pemkot Semarang Tuan Rumah Harganas ke-31, Rangkaian Acara Seru Bertema Harganas 2024

Merujuk situs resmi familyindonesia.id, Harganas 2024 kali ini mengusung tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”.

Sementara itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia telah memilih Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah untuk merayakan berakhirnya Hari Keluarga Nasional (Kharganas) ke-31 pada 13 Juni 2024.

Fokus Kharganasin pada tahun 2024 sama dengan tahun lalu, yaitu kemampuan mengurangi stagnasi. Pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Tengah menargetkan penurunan angka stunting hingga 14 persen pada tahun 2024.

Berdasarkan laman resmi Pemkot Semarang, ada beberapa kegiatan yang akan meramaikan Harganas 2024 di Semarang. Pameran, booth UMKM, Ruma Pelita (daerah anti stunting pada anak), Sempaka (anti stunting bersama pengusaha di Kota Semarang), kegiatan melengkapi puncak kegiatan yang direncanakan (lansia). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir. Dengarkan berita dan berita terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top