Jurus Jitu Bikin CVT Mobil Matik Jadi Lebih Awet

KLATEN, virprom.com – Transmisi variabel kontinu (CVT) biasa digunakan pada mobil matic keluaran terbaru.

Jenis transportasi ini dinilai lebih efisien dan nyaman karena lebih mudah dalam mentransfer energi.

Namun, CVT sering kali mengalami masalah seperti panas berlebih, kebocoran, dan bahkan kegagalan sabuk baja.

Baca juga: Cara Melintasi Bukit Terjal dengan Mobil matic CVT

Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan CVT lebih cocok untuk mobil yang mengutamakan kenyamanan dibandingkan menguras tenaga saat berakselerasi. 

Berbeda dengan transmisi manual atau otomatis (AT) tradisional yang masih mengandalkan girboks sebagai konverter torsi, CVT hanya mengandalkan efek gesekan antara dua sabuk dan satu sabuk baja, baru-baru ini kepada virprom.com.

Oleh karena itu, menurut Jamal, ada dua hal yang paling berperan dalam menunjang keawetan CVT, terutama terkait perawatan dan pengoperasiannya.

Baca juga: Masalah Umum pada Gearbox CVT

Terkait perbaikannya perlu dilakukan pemeriksaan berkala terhadap kondisi CVT Fluid di bengkel, dan bila oli sudah mencapai parameter tertentu sebaiknya diganti sesuai kondisi pemakaian, kata Jamal.

Selain itu, menurut Jamal, pelanggan perlu mengetahui cara menggunakan CVT, terutama bagi pengemudi yang sebelumnya menggunakan transmisi manual.

“Misalnya saat perpindahan gigi dari D ke R saat parkir atau sebaliknya, biasanya pengemudi tidak menunggu mobil benar-benar berhenti sehingga memberikan tekanan pada konverter torsi dan sabuk baja,” kata Jamal. 

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil matic CVT yang benar

Menurut Jamal, perawatan seperti ini tidak akan menjadi masalah pada transmisi manual, karena terdapat kopling yang mampu menghentikan putaran mesin dan menggerakkan roda secara manual oleh pengemudi, namun tidak dengan CVT.

Torsi mesin di CVT dipotong berdasarkan aliran fluida, dan tidak terputus seluruhnya karena prinsip kerjanya seperti itu, kata Jamal.

Jamal mengatakan, tindakan ini bisa memperbesar peluang terjadinya antara sabuk baja dan roda. Oleh karena itu, ada resiko terjatuh ke sabuk baja dan sejenisnya. Dengarkan berita kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top