E-meterai Eror, Mardani Ali Sera: Tunda Pendaftaran CPNS biar Semua Dapat Keadilan

JAKARTA, virprom.com – Anggota Fraksi PKS Komisi II DPR Mardani Ali Sera mengungkapkan keprihatinannya terhadap calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lambat mendaftar akibat terganggunya layanan pembelian stempel elektronik sejak saat itu. Selasa (3/9). lakukan pada /2024).

Mardani menyarankan agar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemanpan-RB) menunda pendaftaran CPNS untuk memberikan kesempatan yang adil kepada seluruh pelamar.

“Meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk mempertimbangkan penundaan kasus e-stempel. Menunda penutupan pendaftaran selama tiga hari. Agar keadilan dapat ditegakkan kepada semua. Status kesalahan CPNS,” kata Mardani saat dimintai konfirmasi Kompas. com, Kamis (9/05/2024).

Baca juga: Pejuang CPNS di Banda Aceh Akui Kekalahannya, Kesalahan e-Metrai tapi Satu Hari Lagi Pencatatan

Mardani menambahkan, pemerintah tidak boleh hanya mengandalkan saluran digital dalam penggunaan prangko. Menurut dia, sebaiknya syarat pendaftaran CPNS dilonggarkan dibandingkan kaku.

“Jangan gunakan digital untuk semua orang,” tambahnya.

Media sosial dibanjiri keluhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 bahwa layanan pembelian prangko elektronik mengalami kesalahan sejak Selasa (03/09/2024).

Tidak hanya di website Peruri e-Meterai saja, namun juga di website resmi lainnya, Skillacademy.com, Meterai.id, e-meterai.ive, bahkan toko Indonesia Post.

“Kalau soal prangko elektronik, semua website yang berhubungan dengan prangko elektronik down dan kehabisan stok. Rakyat Indonesia memang tangguh,” tulis salah satu akun, Rabu (9/4/2024).

Bukan hanya masalah error di website, calon CPNS juga mengeluhkan kuota stempel elektronik yang belum ditambah meski sudah membayar.

Hal ini menjadi kendala karena pelamar harus mengunggah dokumen pendaftaran CPNS dengan e-Seal sebelum tanggal penutupan 6 September 2024.

Baca juga: Cara Mengatasi Kuota Meterai Elektronik yang Tidak Bertambah Setelah Pembelian di Meterai-elektronik.com Jangan Panik

Menanggapi keluhan tersebut, melalui akun Instagram resminya, Peruri mengatakan penyebab situs tersebut mengalami kendala adalah peningkatan trafik.

Oleh karena itu, Peruri menerapkan sistem antrian untuk menjaga kinerja pelayanan.

“Saat ini website kami sedang mengalami peningkatan trafik, sehingga kami menerapkan sistem antrian demi menjaga kinerja layanan dan dapat melayani seluruh pengguna,” demikian bunyi pernyataan yang dimuat Rabu di unggahan Peruri.

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal PT Pos Indonesia Tata Sugiarta membenarkan, Pos Indonesia saat ini belum bisa melayani pembelian e-stempel dari Peruri karena kendala sistem.

Tata menambahkan, pihaknya hanya bisa menunggu informasi dari Peruri dan belum bisa memastikan kapan layanan akan dimulai. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top