Modifikasi Mobil Jadi Lebih Ceper Jangan Potong Per, Ini Alasannya

JAKARTA, virprom.com – Salah satu ubahan yang sering dilakukan para modifikator adalah membuat mobil menjadi lebih ceper, yakni lebih pendek.

Ada banyak cara untuk meratakan mobil, salah satu yang paling sederhana adalah dengan memangkas pegas.

Dipercaya bahwa dengan memotong pegas Anda dapat mengubah tampilan mobil secara signifikan. Cara ini sering dipilih karena sederhana dan murah.

Baca Juga: Hasil Sprint Race MotoGP Jepang 2024, Banaya Tercepat, Acosta Jatuh Pimpin

Namun tak banyak yang mengetahui bahwa teknik pemangkasan pegas ternyata berdampak buruk pada peredam kejut mobil.

“Efek penghentiannya, sekali lagi, karena ini adalah studi pribadi, jelas merupakan masalah kebetulan.” kata Terry dari Sales dan Marketing Autoproduct YSS Indonesia dalam wawancara dengan virprom.com (10 Mei 2024).

Mungkin mereka punya yang lebih baik, itu keberuntungan. “Kekurangannya adalah mobil tidak akan bagus jika tidak dilakukan penelitian dengan benar,” ujarnya.

Baca juga: Apa Akibat Jika Air Radiator Mobil Dibiarkan Keruh?

Ia juga mengatakan, pegas yang terlalu pendek dapat memperpendek umur shockbreaker karena pegas yang digunakan tidak sesuai peruntukannya.

“Joybreakernya sabar mainnya, kalau pegasnya pendek, joybreakernya mainnya sedikit. Kalau pegasnya terlalu pendek, mobil akan terpental karena shockbreakernya roboh,” kata Terry.

Harap dicatat bahwa pegas yang dipotong dapat mempengaruhi kinerjanya. Cara pasti untuk meratakan mobil Anda adalah dengan mengganti pegas dengan yang lebih pendek tanpa memotongnya.

Artinya pemilik mobil harus menggunakan pegas dari pabrikan aftermarket atau mencari pegas standar dari jenis mobil lain. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top