Tanggal 1 September 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Tanggal 1 September 2024 jatuh pada hari Minggu Tanggal ini diperingati sebagai Hari Perempuan 2024 

Selain itu, masih ada hal lain yang perlu diperingati dan dirayakan pada hari ini. Berikut berbagai peringatan yang jatuh pada Hari Perempuan 1 September 2024. 

Pada tanggal 1 September 2024, Hari Perempuan Nasional (Polwan) merayakan hari jadinya yang ke-76 tahun ini. 

Polri menyelenggarakan donor darah, pelayanan kesehatan dan acara peringatan lainnya.

Tema yang diangkat pada Hari Perempuan Polisi tahun 2024 adalah “Polisi Perempuan Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Penuh dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”.

Hari Perempuan Hari Perempuan didasarkan pada tanggal polwan, yaitu 1 September 1948.

Menurut situs resmi Museum Kepolisian Nasional, asal mula Hari Perempuan dimulai pada tahun 1948 ketika terjadi permasalahan serius dalam pemeriksaan terhadap perempuan korban, tersangka, atau saksi, terutama pemeriksaan fisik untuk penuntutan.

Oleh karena itu, polisi kerap meminta bantuan polisi wanita dan PNS wanita untuk melakukan pemeriksaan fisik.

Hal ini terjadi ketika organisasi perempuan di Bukinggi dan organisasi perempuan Muslim menjadi pihak pertama yang menyampaikan kepada pemerintah permintaan untuk memasukkan perempuan dalam pelatihan polisi untuk mengatasi masalah ini.

Kemudian pada tanggal 1 September 1948 terdapat enam mahasiswi pertama yang menjadi pionir polisi.

Nama-nama tersebut adalah Mariana Sanin, Nelly Pauna, Rozmalina Lookman, Dahnier Sukotzo, Jasminar dan Rosnalia Taher.

Baca juga: Polri dan Kompolnas Jelaskan Cara Polwan Marah dan Menyemangati Warga Saat Makan di Hari Penulisan Surat Sedunia

Tanggal 1 September juga diperingati sebagai Hari Penulisan Surat Sedunia

Meski terkesan kuno, namun surat mempunyai sejarah penting dan patut untuk dijelaskan. Zaman sekarang mengingatkan kita bahwa ketika belum ada teknologi seperti sekarang ini, surat memegang peranan penting dalam komunikasi.

Hari Menulis Sedunia didasarkan pada kegembiraan yang dirasakan Richard Simpkin ketika sebuah surat tulisan tangan tiba di kotak surat. 

Dia adalah seorang penulis, seniman, dan fotografer Australia

Ia kemudian mengirimkan surat bertajuk “Legenda Australia” kepada siapa pun yang dianggapnya sebagai legenda Australia dengan tujuan mengatur wawancara pribadi dan pemotretan. Dengarkan berita terkini dan pilih berita di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top