Jokowi Klaim Forum Indonesia-Afrika 2024 Capai Kesepakatan Bisnis 3,5 Miliar Dollar AS

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengatakan kerja sama Indonesia dan Afrika telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam jumlah perdagangan dan berbagai perjanjian bisnis.

Hal itu diungkapkannya saat membuka High Level Forum for Multiparty Cooperation (HLF-MSP) dan Second Indonesia-Africa Forum (IAF).

“Forum Indonesia-Afrika tahun ini mencatatkan kesepakatan senilai US$3,5 miliar, hampir enam kali lipat dibandingkan IAF pertama tahun 2018,” kata Jokowi dalam acara di Nusa Dua, Bali, Senin (2/9/2024).

Keberhasilan tersebut merupakan salah satu dari empat poin yang disinggung Jokowi dalam upayanya mencapai pembangunan yang berkeadilan dan inklusif, khususnya di negara-negara berkembang.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Lanjutnya Kerjasama Indonesia dan Afrika di Bawah Pemerintahan Prabowo

Ia menegaskan tekad Indonesia untuk menjalin hubungan dengan berbagai kalangan, khususnya dengan kawasan Afrika sebagai bagian penting dalam proses pembangunan di dunia.

“Kita memerlukan visi baru, strategi baru, dan langkah-langkah baru untuk mencapai pembangunan yang adil dan inklusif bagi semua negara berkembang,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi menegaskan tujuan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) harus selalu fokus pada pembangunan dunia.

“Hal ini harus sejalan dengan kebutuhan dasar pembangunan nasional dan regional, termasuk Agenda Afrika 2063, dan mendukung hubungan multipihak,” kata Jokowi.

Baca juga cerita ini: Jokowi mengatakan solidaritas internasional semakin berkurang, karena negara-negara berkembang adalah yang paling terkena dampaknya

Kedua, Jokowi menekankan komitmen Indonesia untuk menjadi bagian dari solusi global dan memperjuangkan kepentingan negara-negara selatan.

Ia juga menambahkan bahwa Indonesia akan menjadi penghubung dalam mendorong kesetaraan, keadilan, dan solidaritas untuk mempercepat pencapaian SDGs.

Komitmen ini sudah kita dukung sejak Konferensi Asia Afrika 69 tahun lalu, kata Jokowi.

Ketiga, Jokowi menyerukan perlunya memperbarui persatuan global untuk memperkuat kerja sama Selatan-Selatan dan meningkatkan kerja sama Utara-Selatan.

“Dengan semangat yang sama, Indonesia akan menjadi tuan rumah Platinum Jubilee KTT Asia-Afrika tahun depan dalam rangka memperingati 70 tahun berdirinya KTT Asia-Afrika,” pungkas mantan Wali Kota Solo itu. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top