George Russell Kena Diskualifikasi dari F1 Belgia, Sebab Bobot Mobilnya Kurang 1,5 Kg

virprom.com –  Pebalap F1 Mercedes George Russell harus didiskualifikasi dari GP Belgia 2024 karena bobot mobilnya kurang dari batas minimal.

Bahkan, Russell dan rekan setimnya Lewis Hamilton berhasil finis pertama dan kedua pada balapan yang berlangsung di Spa, Minggu (28 Juli 2024).

Namun berdasarkan penyelidikan FIA (International Automobile Federation), mobil W15 yang dikendarai Russell memiliki bobot 796,5 kg, kurang 1,5 kg dari batas minimum. 

Mobil tersebut awalnya memiliki berat melebihi massa yang diizinkan yaitu 798 kg, namun setelah sisa bahan bakar dikuras sesuai peraturan, bobotnya turun di bawah nilai tersebut.

Delegasi teknis FIA Formula 1 Jo Bauer merujuk masalah tersebut ke steward (peraturan balapan), yang kemudian memutuskan untuk mendiskualifikasi Russell satu jam setelah pelanggaran tersebut dikonfirmasi.

Mobil 63 ditimbang luar dan dalam pada timbangan FIA, dan kedua timbangan tersebut menunjukkan hasil yang sama, yakni 796,5 kg. Kalibrasi kedua timbangan tersebut telah dikonfirmasi dan diverifikasi oleh para pesaing, kata juri dalam keterangannya.

“Pada sidang tersebut, perwakilan tim memastikan bahwa pengukuran sudah benar dan semua prosedur yang diperlukan telah dilakukan dengan benar. “Tim juga mengakui bahwa tidak ada keadaan yang meringankan dan ini merupakan kesalahan yang dilakukan tim,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga: Red Bull Produksi Hypercar dengan Performa Sebanding F1

Russell tahu dia didiskualifikasi dan tidak bisa menyembunyikan kesedihannya.

“Memilukan… Kami tiba dengan berat badan kurang 1,5kg dan didiskualifikasi dari balapan,” kata Russell dalam postingan di akun Instagram-nya.

“Kami mempertaruhkan segalanya hari ini dan saya bangga bisa melewati garis finis terlebih dahulu. Akan ada lebih banyak lagi yang akan datang,” lanjut postingan Russell.

Sementara itu, CEO dan prinsipal tim Mercedes F1 Toto Wolff telah menerima keputusan diskualifikasi yang dijatuhkan kepada Russell.

Baca juga: Lisa Blackpink Pakai Baju dari Tutup Botol Daur Ulang Saat Grand Prix F1 Monaco

Diskualifikasi ini harus kita terima dengan lapang dada. “Kami tentu saja melakukan kesalahan dan kami harus belajar dari kesalahan tersebut,” kata Wolff

“Kami akan pergi, menilai apa yang terjadi dan memahami apa yang salah. Sungguh membuat frustrasi karena tidak ada orang lain dan kami hanya bisa meminta maaf kepada George, yang mengemudikan mobil dengan sangat baik.”

Akibat diskualifikasi tersebut, Hamilton yang menempati posisi kedua naik ke posisi pertama. Ini merupakan kemenangan kedua Hamilton pada musim 2024.

Oscar Piastri (McLaren) naik dari posisi ketiga ke posisi kedua, dan Charles Leclerc (Ferrari) ketiga di podium. 

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top