AS Minta Israel Jangan Hancurkan Lebanon seperti Gaza

BEIRUT, virprom.com – Departemen Luar Negeri AS (DPL) pada Rabu (9/10/2024) meminta Israel tidak menghancurkan Lebanon seperti Gaza.

“Saya menekankan bahwa tidak boleh ada aksi militer di Lebanon seperti di Gaza,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller kepada AFP.

Hal tersebut ia sampaikan saat menjawab pertanyaan terkait video peringatan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa (8/10/2024).

Baca Juga: PM Israel: Lebanon Akan Hancur Seperti Gaza Jika Hizbullah Tidak Dikalahkan

“Anda mempunyai kesempatan untuk menyelamatkan Lebanon sebelum tenggelam dalam perang yang panjang,” kata Netanyahu dalam video tersebut, “yang mengarah pada kehancuran dan penderitaan yang kita lihat di Gaza.”

“Rakyat Lebanon, kami harus mengalahkan negara Anda dari Hizbullah agar perang ini berakhir,” katanya.

Pada tanggal 7 Oktober 2023, sehari setelah sekutunya di Palestina, Hamas, melancarkan serangan besar-besaran terhadap Israel, Hizbullah melancarkan serangan tingkat rendah terhadap militer Israel.

Pertempuran antara Israel dan Hizbullah meningkat tajam bulan ini. Setelah melancarkan operasi darat di Lebanon akhir bulan lalu, Israel melancarkan serangan besar-besaran di sepanjang perbatasan.

Baca Juga: Mesir, Yordania siap dukung Lebanon dalam menghadapi serangan Israel Israel mengumumkan peluncuran operasi darat di barat daya Lebanon untuk menandai peringatan satu tahun serangan Hamas

Miller mengatakan secara terpisah bahwa Amerika Serikat sangat prihatin dengan situasi kemanusiaan di Gaza utara.

Badan Pertahanan Sipil Gaza mengatakan pasukan Israel telah meningkatkan penembakan, memblokir jalan dan mencegah pengiriman bantuan.

“Kami sangat prihatin dengan situasi kemanusiaan di Gaza, khususnya di Gaza utara, dan saya dapat memberitahu Anda bahwa hal ini merupakan topik pembicaraan mendesak antara kedua pemerintah,” katanya.

“Kami telah menjelaskan kepada pemerintah Israel bahwa kami berkewajiban berdasarkan hukum kemanusiaan internasional untuk mengizinkan makanan dan air yang diperlukan serta bantuan kemanusiaan lainnya menjangkau seluruh wilayah Gaza,” tambah Miller.

“Kami sepenuhnya berharap mereka mematuhi komitmen ini,” tambahnya, memperingatkan Israel terhadap operasi yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Baca Juga: Sebelum Perang, Lebih dari 30 Serangan Israel di Lebanon

  Dengarkan berita terkini dan informasi ujian kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top