Ini Faktor yang Pengaruhi Konsumsi Daya Mobil Listrik

JAKARTA, virprom.com – Konsumsi energi menjadi hal penting bagi pengguna kendaraan listrik baterai (BEV). Apalagi jika kendaraan yang dimaksud akan digunakan untuk perjalanan yang lebih jauh.

Harap diperhatikan bahwa opsi penagihan publik di Indonesia saat ini terbatas. Kapasitas baterai penting karena dapat mempengaruhi jarak tempuh kendaraan.

Manajer PT Gowa Modern Motor Ferry ini menjelaskan, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jarak tempuh kendaraan listrik, mulai dari kebiasaan berkendara hingga kondisi cuaca.

Baca juga: Jangan Sampai Ini Terjadi, Ini Akibat Telatnya Perawatan Mobil

Perkiraan jarak tempuh suatu kendaraan listrik dipengaruhi oleh beberapa faktor dan dapat bertambah atau berkurang dibandingkan dengan nilai sertifikasinya, kata Ferry dalam keterangannya, Sabtu (30/8/2024).

Kebiasaan berkendara yang dimaksud antara lain berkendara dengan kecepatan tinggi atau terlalu sering mengganti gas dan rem.

Selain itu penggunaan energi tambahan seperti AC, pemanas atau lampu juga mempengaruhi jarak yang ditempuh.

Cuaca, suhu, dan kondisi jalan juga dapat mempengaruhi performa mobil listrik. Pengemudi juga perlu memperhatikan kondisi baterai atau battery state of health (SOH).

Baca juga: Manfaat Kebersihan Filter Udara Mesin Mobil

“Ketika indikator peringatan baterai muncul di layar dashboard, pengemudi dapat mengikuti saran bagaimana menambah jarak tempuh dengan tenaga yang tersedia,” kata Ferry.

“Jika level baterai 0 persen, jangan mencoba untuk terus mengemudi. Parkirkan mobil di tempat yang aman dan minta bantuan dealer,” lanjutnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top