Jokowi Resmikan Istana Negara di IKN, Istana Garuda Akan Diresmikan Prabowo

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Istana Negara di Kawasan Ibu Kota Kepulauan (IKN) pada Jumat (10/11/2024) usai menghadiri acara Kompas 100 Pimpinan Istana Negara.

Dan sebagaimana saya ucapkan bismillahirrahmanirrahim, malam ini saya akan meresmikan Gedung Pemerintahan di ibu kota negara, kata Jokowi saat membuka, seperti dilansir YouTube Pengumuman Presiden, Jumat.

Kepala Pemerintahan mengatakan, pembukaan Museum ini tidak bersamaan dengan Istana Garuda yang kini berada di IKN. Pasalnya, rumah Garuda masih dalam tahap penyelesaian.

Peresmian Istana Garuda juga pernah ia berikan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto saat menjabat.

Baca Juga: Museum dan Rumah Garuda Diresmikan Jumat Ini

Sebab, pengerjaan tahap akhir Istana Garuda memakan waktu satu bulan dan masa jabatan Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober 2024.

Karena Gedung Garuda masih dalam proses penyelesaian, mungkin memakan waktu sebulan. Jadi hari ini saya akan buka Gedung Parlemen dulu, kata Jokowi.

Nanti Istana Garuda akan dibuka oleh Presiden Prabowo Subianto, tambahnya.

Jokowi kerap berkoar-koar soal istana di IKN yang dibangun anak negara sendiri. Adapun istana yang saat ini ditinggalinya, salah satunya adalah Istana Kepresidenan Jakarta yang dibangun Belanda.

Baca Juga: Ceremony Plaza dan Istana Garuda, 2 Tempat Wisata Terbaik di IKN

Ia juga bercanda bahwa ia bisa mencium bau koloni setiap hari karena ia tinggal dan bekerja di istana selama 10 tahun menjabat sebagai presiden.

Jokowi pun mengaku tak habis pikir dengan makna perayaan yang diberikan banyak tamu pemerintah terhadap gedung Istana Kepresidenan era kolonial Belanda itu.

Fakta bahwa pengunjung pemerintah yakin bahwa istana tersebut tidak dibangun oleh Indonesia. Dia bertanya-tanya apakah pujian itu hanya lelucon atau pujian sungguhan.

“Ini yang saya rasakan kalau ketemu (tamu), mereka bilang terima kasih, tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa. Saya tidak bisa membalas pujian kepada Anda. Karena saya tahu, itu mereka tahu, kami tidak membangun ( istana),” kata Jokowi kepada IKN, 25 September 2024.

“Saya tidak tahu apakah dia bercanda atau memang ingin mengungkapkan kekagumannya. Sulit dibayangkan,” imbuhnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top