KJRI Penang Kukuhkan 7 Kontrak Bisnis di Trade Expo Indonesia 2024

JAKARTA, virprom.com – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Penang berhasil memperkuat kerja sama perdagangan business-to-business (B-to-B) antara Indonesia dan Malaysia dengan ditandatanganinya tujuh kontrak bisnis senilai AS. $2.420.160 atau sekitar Rp 38 miliar. 

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara pengusaha Indonesia dan Malaysia pada pertengahan tahun 39.

Penandatanganan kontrak ini diikuti oleh tiga perusahaan importir besar dari wilayah kerja KJRI Penang dan tujuh perusahaan asal Indonesia. 

Baca juga: Resepsi Diplomatik RI di Penang, KJRI Sajikan Bakso dan Bir Pletok

Perusahaan-perusahaan tersebut adalah M. Chuharmall Sdn Bhd yang mengimpor produk tekstil dan turunannya dari PT Sri Rejeki Isman Tbk, PT Gajah Panggang, dan PT Panggung Jaya Indah (PAJITEX). 

Sementara itu, Thong Guan Trading Sdn Bhd. akan membeli produk teh dari PT Fair Trade Commodities dan RS Agency Sdn Bhd. akan mengimpor kosmetik dan parfum dari PT Gondowangi Traditional Kosmetika, PT Griff Prima Abadi dan PT Sekawan Kosmetik Wasantara.

Konsul Jenderal RI Penang Wangton Saragi mengungkapkan rasa antusiasnya atas pencapaian tersebut. 

“Jumlah dan nilai kontrak bisnis yang diselesaikan melalui KJRI Penang mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. “Hanya ada dua kontrak bisnis di TEI 2023 senilai $1,155,000,” jelasnya. . 

Pertumbuhan tersebut, lanjut Vanton, terutama disebabkan oleh terus terjaganya kualitas produk Indonesia sehingga semakin kompetitif dan mendorong pertumbuhan permintaan. 

“KJRI Penang akan terus berupaya meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi melalui berbagai kegiatan diplomasi ekonomi,” tambahnya.

Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan platform penting bagi pengusaha Indonesia untuk mempresentasikan produknya ke pasar internasional. Pada TEI ke-39 ini, KJRI Penang berhasil menjaring 75 calon pembeli potensial dari wilayah Negeri Kedah dan Pulau Pinang, meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu. 

Baca juga: Pemerintah Indonesia membuka layanan e-paspor di KJRI Sydney, pertama di Australia dan Pasifik

Dalam hal ini, KJRI Penang juga memfasilitasi hubungan bisnis antara calon pembeli dari industrinya dengan pengusaha Indonesia.

Selain itu, KJRI Penang juga memfasilitasi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Persatuan Pengusaha Maju Malaysia (PUMM) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara. 

Baca juga: KJRI Sydney Gelar Upacara HUT RI ke-79 di Kensington Park

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Malaysia, khususnya dari wilayah operasi KJRI Penang.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top