Pedemo Israel Cegat Truk Bantuan ke Gaza, Banting Makanan sampai Berserakan

HEBRON, virprom.com – Beberapa pengunjuk rasa Israel mencegat ambulans yang sedang menuju Jalur Gaza pada Senin (13/5/2024), mendorong paket makanan di jalan hingga bubar.

Ini adalah insiden terbaru ketika Israel berjanji mengizinkan pengerahan bantuan kemanusiaan tanpa batas di wilayah Palestina.

Akibatnya, empat pengunjuk rasa, termasuk seorang anak di bawah umur, ditangkap di pos pemeriksaan Tarkumi sebelah barat Hebron di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Baca juga: Menlu Inggris Berbeda dengan Embargo Senjata Israel

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan pengunjuk rasa melemparkan material dari truk ke jalan. Isi kotak terbuka dan berantakan.

Sebuah pernyataan dari Palang Merah 9, yang memfasilitasi protes tersebut, mengatakan: “Bantuan yang dikirim oleh negara Israel telah rusak. Tangan Hamas secara langsung.”

Kelompok tersebut mengklaim bahwa selama Israel memberi Hamas hadiah dan kemungkinan kendali penuh atas Jalur Gaza melalui distribusi bantuan, Hamas tidak akan tertarik pada kesepakatan untuk memulangkan lebih dari 100 sandera.

Pekan lalu, empat orang ditangkap di Israel selatan menyusul protes serupa yang dilakukan warga Israel yang menolak memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Baca juga: Israel Buka Pelabuhan Baru Melalui Gaza Utara untuk Bantuan Media Israel Tahanan Palestina Sering Disiksa Biden: Gencatan Senjata dengan Israel Bisa Segera Terjadi Jika Hamas Bebaskan Sandera.

Israel menghadapi tekanan internasional yang sangat besar untuk meningkatkan aliran bantuan ke Gaza.

Organisasi-organisasi internasional memperingatkan akan adanya krisis kemanusiaan serius yang mengancam lebih dari 2 juta orang jika bantuan tidak datang.

Pada Minggu (12/5/2024), pemerintah Israel mengumumkan pembukaan pelabuhan baru di Jalur Gaza bagian utara. Pelabuhan sementara buatan AS juga akan segera dibuka.

Baca juga: Israel Perintahkan Pengungsi Palestina di Rafah untuk Segera Mendengarkan Berita Terkini dan Informasi Pilihan Kami di Ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top