Apa yang Terjadi Pada Kematian Manusia? Ini Fakta-faktanya…

virprom.com – Kematian merupakan bagian hidup yang harus kita hadapi.

Merujuk pada Klinik Cleveland, kematian adalah ketika organ vital manusia berhenti bekerja untuk menjaga kelangsungan hidup.

Lamanya waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mati tergantung pada kesehatan, pengobatan yang diterima, dan penyebab kematian.

Baca juga: Kematian Jantung Mendadak, Apa Faktor Risikonya? Berikut ulasannya…

Penyebab umum kematian di seluruh dunia termasuk penyakit jantung, penyakit paru-paru kronis, dan kanker.

Terkadang, hal ini menakutkan. Namun, memahami fakta kematian pada manusia dapat membantu menjelaskan kondisi orang terdekat kita yang telah meninggal.

Di bawah ini, artikel ini akan mengulas beberapa fakta tentang kematian yang biasanya terungkap sebelum, saat, atau setelah kematian.

Baca juga: Apa Itu Kematian Jantung Mendadak? Berikut ulasannya… Fakta kematian manusia

Mengutip Everyday Health, berikut sepuluh fakta kematian yang mungkin belum Anda ketahui: Kematian seringkali merupakan sebuah proses

Penyebab kematian ada banyak, ada pula yang bersifat mendadak, seperti kecelakaan. Namun sebagian besar kematian terjadi melalui suatu proses, baik karena penyakit atau usia tua.

Tanda-tanda kematian antara lain pernapasan melambat, detak jantung menurun atau melemah, tekanan darah menurun, dan perubahan warna kulit.

Biasanya, sebelum meninggal, seseorang menjadi pucat karena tekanan darahnya turun. Jari mungkin menjadi dingin atau membiru. Saat pernapasan melambat, kematian mungkin sudah dekat

Saat kematian mendekat, orang biasanya akan berhenti bernapas, mungkin selama 15-20 detik.

Orang yang melihat keadaan ini biasanya akan merasa khawatir, namun hal ini merupakan bagian normal dari proses kematian.

Baca juga: Aritmia Bisa Sebabkan Kematian Mendadak, Kenapa? Begini Ulasannya… Ada dua tahap kematian

Faktanya kematian manusia terdiri dari dua tahap, yaitu kematian klinis dan biologis.

Kematian klinis adalah kematian tahap pertama, dimana organ mati. Itu dimulai ketika jantung berhenti berdetak. Sekitar 4-6 menit kemudian, sel-sel otak mulai mati karena tidak mendapat oksigen.

Setelah itu terjadi tahap kedua, yaitu kematian biologis. Inilah tahapan dimana seseorang sudah pasti akan dinyatakan meninggal dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top