Daihatsu Percaya Penjualan Bakal Melesat Usai Suku Bunga Turun

JAKARTA, virprom.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berharap penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI rate dari 25 basis poin menjadi 6 persen akan menggairahkan industri otomotif.

Apalagi, situasi ini dibarengi dengan membaiknya nilai tukar atau nilai tukar rupee terhadap dolar AS. Memastikan pasar guna memulihkan daya beli masyarakat.

“Meskipun penyesuaian suku bunga pinjaman memerlukan waktu beberapa bulan, kami melihat pasar dapat tumbuh seiring dengan itu,” kata Kepala Pemasaran Lokal ADM Rocky Irvajandi pada Astra Media Day 2024, Kamis (19/09/2024). ).

Baca Juga: BI Rate Turun, ACC Perbaiki Ekspektasi Pertumbuhan Kredit Otomatis

Selain itu, kata Rocky, terpuruknya industri otomotif dalam negeri pada tahun 2024 tidak lepas dari penyaluran kredit yang dilakukan perusahaan pembiayaan sempit atau multifinance.

Situasi ini sejalan dengan banyaknya aset keuangan bermasalah (NPF) yang pada akhirnya menyebabkan nasabah tidak mampu membayar iurannya.

“Teman-teman di lembaga keuangan yang NPF kreditnya tinggi juga menghadapi tantangan, sehingga teman-teman di lembaga keuangan juga lebih berhati-hati dalam memberikan persetujuan kredit,” ujarnya.

Namun, saya yakin dengan besarnya kontribusi mobil terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja, maka pemerintah tidak akan tinggal diam, lanjut Rook.

Baca Juga: Berikut cara mudah mengecek kendaraan sudah memenuhi syarat e-tiket atau tidak

Sekadar informasi, berdasarkan data Giacendo, total penjualan mobil di Tanah Air pada Januari-Agustus 2024 hanya sebanyak 560.619 unit di perdagangan grosir. Jumlah ini turun 17,1% dibandingkan tahun lalu sebanyak 675.859 unit.

Sementara penjualan ritel juga mengalami penurunan sebesar 12,1% dari 665.262 unit menjadi 584.857 unit pada periode yang sama.

Daihatsu sendiri turut mencatatkan penjualan ritel sebanyak 117.358 unit pada delapan bulan pertama tahun ini. Alhasil, ada tiga model utama yang mendominasi yakni Sigra, Gran Max Pick Up, dan Terios. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top