Pentingnya Memantau Indikator Suhu Mesin Mobil saat Berkendara

KLATEN, virprom.com – Coolant merupakan cairan yang digunakan untuk mendinginkan mesin mobil. Panas dari komponen mesin diserap oleh cairan pendingin dan dikeluarkan di area radiator.

Informasi suhu cairan pendingin diperlukan oleh modul kontrol elektronik (ECU) untuk mengatur pengoperasian sistem pendingin mesin secara otomatis.

Namun, pengemudi harus mewaspadai suhu cairan pendingin melalui indikator yang ditampilkan di panel instrumen atau MID.

Baca Juga: Perlukah Menunggu Lampu Indikator Mati Sebelum Menstarter Mobil?

Muchlis, pemilik Garasi Auto Service Sukoharjo, bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, mengatakan sebagian mobil masih dilengkapi alat pengukur suhu cairan pendingin sehingga konsumen bisa memantaunya saat bepergian.

Muchlis kepada virprom.com, Sabtu (9/7/2024) “Dengan memantau suhu cairan pendingin, mengantisipasi kerusakan mesin akibat panas berlebih. Jika suhu naik secara alami, mungkin ada kesalahan pada sistem pendingin.” . ).

Memarkir mobil tanpa sistem pendingin mesin yang baik akan menyebabkan mesin menjadi terlalu panas, kata Muchlis. Saat mesin berada pada beban berat, menanjak atau pada kecepatan tinggi, temperatur cairan pendingin pasti akan meningkat.

Baca Juga: Lampu Pengukur Bahan Bakar Menyala, Mobil Masih Bisa Melaju Berapa Jauh?

“Jika suhu cairan pendingin di atas batas normal, sebaiknya kendaraan diderek oleh konsumen untuk mencegah kerusakan komponen mesin,” kata Muchlis.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Ogyakarta, mengatakan tanpa sistem pendingin yang baik, mesin mobil bisa rusak parah.

“Saat tertekan, piston, kepala silinder, dan blok mesin dapat berubah bentuk, yang dapat menyebabkan mesin kejang, kerusakan penyelarasan kepala silinder dan blok mesin, serta patahnya batang piston dan kerusakan blok.” Hardy, baru-baru ini.

Baca Juga: Indikator Rem Apa yang Harus Dilakukan Konsumen?

Oleh karena itu, dengan memantau pengukur suhu cairan pendingin saat berkendara, konsumen dapat memperkirakan adanya kerusakan pada komponen mesin akibat panas berlebih. Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top