Dokter Sebut Remaja dengan Gangguan Haid dan Obesitas Waspada PCOS

Kompas

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSCM Dr. Mila Maidarti, SpOG, mengingatkan para orang tua untuk lebih mewaspadai gejala-gejala yang mungkin memicu PCOS, terutama pada remaja perempuan.

“Salah satu gejala yang patut diwaspadai adalah obesitas, terutama resistensi insulin yang dikenal dengan munculnya bintik hitam di leher belakang atau acanthosis nigricans. Jika seorang remaja kelebihan berat badan dan mengalami gangguan menstruasi sebaiknya dibawa ke rumah sakit. .segera dokter berobat, “tes lagi,” kata dokter Universitas Indonesia sekaligus dosen tersebut, tulisnya di masa lalu.

Baca Juga: Apakah Penderita PCOS Bisa Hamil? Demikian penjelasan dokter

Mila menjelaskan, PCOS biasanya muncul pada anak muda mulai usia 10 tahun.

Namun mendiagnosis PCOS pada usia muda tidaklah mudah karena siklus menstruasinya yang masih terus bertambah, apalagi pada usia muda, menstruasinya tidak sering sehingga seringkali membuat orang tua bingung apakah itu normal atau gejala awal PCOS.

Gejala lain yang harus diwaspadai adalah jerawat, pertumbuhan rambut tidak normal, menstruasi tidak teratur, dan penambahan berat badan.

“Jika seorang anak menunjukkan gejala-gejala tersebut, terutama obesitas dan resistensi insulin, sebaiknya segera mulai menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat agar tidak berkembang menjadi PCOS di masa dewasa,” kata Mila.

Baca Juga: Apa Penyebab PCOS? Penjelasan dokternya sebagai berikut…

Pandemi Covid-19 disebut-sebut menjadi salah satu faktor penyebab peningkatan prevalensi PCOS, terutama akibat gaya hidup sedentary selama pembatasan sosial.

Selama epidemi, anak-anak lebih banyak tinggal di rumah, belajar jarak jauh, lebih sedikit berolahraga, dan lebih banyak makan camilan, yang menyebabkan penambahan berat badan dan pada akhirnya memperburuk peningkatan kasus PCOS.

Mila juga mengingatkan generasi muda akan pentingnya menjaga pola makan yang sehat, apalagi makanan siap saji mengandung gula dan lemak yang merupakan salah satu penyebab utama obesitas dan resistensi insulin yang dapat memicu PCOS. Dengarkan berita terbaik dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top