Di Depan Menteri Malaysia-Singapura, Jokowi Pamer RI Punya PLTS Terbesar di Asia Tenggara

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan Indonesia memiliki energi lebih dari 3.600 gigawatt.

Jokowi mengatakan energi yang dikeluarkan sangat besar untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLS) terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat.

“Kita punya PLS terapung, PLTS Agung di Waduk Kirata (Jawa Barat), berkapasitas 192 megawatt peak (MWp), terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia,” kata Jokowi. Indonesia International Sustainability Forum (IISF) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024).

Baca juga isu ini: Jokowi: Kalau pakai pendekatan ekonomi, masalah perubahan iklim tidak akan selesai

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Energi dan Reformasi Air Malaysia Dato’ Sri Haji Fadilla Yusuf, Ketua Menteri dan Menteri Gabungan Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hin, dan Menteri Tenaga Kerja Singapura Tan See Leng.

Jokowi mengatakan Indonesia juga memiliki potensi penyerapan karbon yang besar.

Menurutnya, hutan mangrove Indonesia merupakan yang terluas di dunia dengan luas 3,3 juta hektar.

Mangrove dikatakan mampu menyerap karbon 8-12 kali lebih banyak dibandingkan hutan tropis.

“Ini yang belum diketahui banyak orang. Indonesia (juga) punya Kawasan Industri Hijau seluas 13.000 hektar. Ini juga salah satu yang terbesar di dunia,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Luncurkan PLTS Terapung Waduk Cirata, Ketiga dari Ratusan di Dunia

Namun menurut Jokowi, jika negara maju tidak berani berinvestasi, maka hal tersebut tidak akan memberikan dampak signifikan terhadap percepatan penghapusan dampak perubahan iklim.

Demikian pula pendanaan diberikan untuk program penelitian dan pengembangan teknologi serta program bantuan bagi negara-negara berkembang.

“Ketiga hal ini perlu kita pahami bersama. Dan Indonesia sangat terbuka untuk bekerja sama dengan siapa pun guna meningkatkan potensi dunia hijau, menjamin kesetaraan akses terhadap energi hijau, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya. . . Dengarkan berita terbaik dan pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top