Rayakan HUT Ke-79, Kemenkumham Gelar Layanan Publik Se-Indonesia

virprom.com – Memperingati hari ulang tahunnya yang ke-79, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar pameran layanan publik di Plaza Sudirman Gelora Bung Karno, Jakarta dan Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly mengatakan, tidak bisa dipungkiri pelayanan publik akan terus bergerak mengikuti perkembangan zaman.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga telah merespon kebutuhan masyarakat dengan mengadakan acara ini yang merupakan sebuah langkah menuju masa depan.

“Dengan adanya teknologi saat ini, perlu adanya upaya yang berhasil dan tegas untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” kata virprom.com dalam siaran pers yang diperoleh, Minggu (04/08/2024).

Kualitas pelayanan publik, lanjut Laoly, merupakan hasil perpaduan sistem, sumber daya manusia (SDM) dan standar pelayanan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Secara resmi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah membuka rekrutmen untuk posisi Chief Legal Officer.

Dengan begitu, masyarakat akan memperoleh kepuasan dan meningkatkan kepercayaannya terhadap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Pelayanan publik yang kami lakukan satu hari ini merupakan gabungan dari berbagai jenis pelayanan yang ditawarkan Kementerian Hukum dan HAM dalam satu tempat dan waktu yang sama, sulit dilakukan,” ujarnya.

Selain untuk mempermudah penyelenggaraan pelayanan publik, kegiatan ini juga menjadi peluang bagi pejabat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk mendorong kemajuan, inovasi dan prestasi, khususnya berbagai layanan hukum dan hak asasi manusia yang ditujukan kepada masyarakat.

Empat layanan pemerintah digelar pada acara ini, yaitu layanan imigrasi, Kekayaan Intelektual (IP), Layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) dan Pameran Produk Kebanggaan Narapidana.

Pelayanan keimigrasian meliputi pengerjaan e-paspor oleh Kantor Imigrasi (Kanim). Saat ini, terdapat layanan publik mulai dari layanan Kekayaan Intelektual (KI), merek dagang, paten, hak cipta, dan desain industri untuk melindungi pekerja anak bangsa melalui sektor HKI.

Baca juga: Kemenkum HAM terima usulan WTP BPK sebanyak 15 kali berturut-turut.

Selain itu, layanan AHU meliputi perseroan terbatas, perseroan perseorangan, perkumpulan, notaris, warga negara, dan layanan apostille untuk memudahkan masyarakat.

Terakhir, ada Pameran Kebanggaan Produk Tahanan yang menampilkan berbagai produk kerajinan yang bernilai ekonomi.

“Pelayanan publik hari ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam menjangkau masyarakat, memajukan pelayanan publik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang dapat diakses oleh masyarakat,” kata Jason.

Dalam acara tersebut, Menkum HAM didampingi Sekjen Revianto Andap Budhi dan beberapa pimpinan senior Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Pimti).

Baca juga: Kemenkum HAM Pastikan Seleksi Sekolah Bebas dan Adil

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemenkumham dan Dirjen Panitia Pelaksana HUT ke-79 Kemenkum HAM Andap Budhi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan peringatan. . Hari ke 79 Perlindungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top