Presiden Taiwan Tegas Menentang Setiap Upaya Aneksasi oleh China

TAIPEI, virprom.com – Presiden Taiwan William Lai Ching-tey mengatakan dia akan menentang segala upaya untuk mencaplok wilayah pulau itu.

Seperti diketahui, Tiongkok mengklaim dirinya sebagai negara otonom dan demokratis serta tidak menolak penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuan persatuan.

Tekanan terhadap Taiwan meningkat sejak Lai, yang digambarkan oleh Tiongkok sebagai “separatis”, terpilih sebagai presiden pada bulan Januari.

Baca juga: Menteri Taiwan mengklaim komponen pager yang terlibat dalam ledakan di Lebanon bukan berasal dari negaranya

AFP melaporkan bahwa Lai berbicara kepada 23 juta penduduk pulau itu, membuka pidato Hari Nasional pertamanya dengan mengungkapkan kebanggaan terhadap demokrasi Taiwan.

“Demokrasi kita tumbuh dan berkembang.” “Republik Rakyat Tiongkok tidak memiliki wewenang untuk mewakili rakyat Taiwan.”

Ia mengatakan bahwa masyarakat Taiwan dapat bekerja sama meskipun ada perbedaan dan meminta mereka untuk menatap masa depan.

“Saya akan menepati janji saya untuk menolak segala invasi atau pelanggaran terhadap kedaulatan kami,” katanya.

Namun, nada suara Lai bersifat pragmatis dalam sebagian besar pidatonya.

Mereka menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan Beijing dalam berbagai isu seperti perubahan iklim, mengatasi penyakit menular, dan menjaga keamanan regional guna mendorong perdamaian dan kemakmuran bersama demi kesejahteraan masyarakat di kedua sisi Selat Taiwan.

Baca juga: Taiwan Selidiki Kepemimpinan Gold Apollo Terkait Ledakan Pager di Lebanon

Lai juga meminta Beijing menggunakan pengaruhnya dalam upaya diplomatik untuk menyelesaikan perang di Ukraina dan Timur Tengah.

  Dengarkan pilihan berita terkini dan berita utama kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top