Sumber Bocorkan Penyebab Kesepakatan Gencatan Senjata di Gaza Sulit Tercapai, Datang dari Israel

Doha, virprom.com – Ketidaksepakatan mengenai kehadiran tentara Israel di masa depan di Gaza dan pembebasan tahanan Palestina menghalangi perjanjian gencatan senjata dan pembebasan sandera Israel.

Hal ini diungkapkan oleh sepuluh sumber yang mengetahui putaran perundingan yang dimediasi AS yang berakhir pekan lalu.

Sumber tersebut, termasuk dua pejabat Hamas dan tiga diplomat Barat, mengatakan kepada Reuters bahwa tuntutan Israel telah berbeda sejak Hamas menerima versi proposal gencatan senjata yang dikeluarkan oleh Presiden AS Joe Biden pada Mei lalu.

Baca Juga: Tank Israel Terus Serang Gaza, 22 Orang Tewas

Semua sumber mengatakan Hamas sangat prihatin dengan permintaan terbaru Israel untuk mengerahkan pasukan di sepanjang Koridor Netzarim.

Nezarim adalah jalur timur-barat yang disterilkan Israel selama perang. Pengerahan pasukan mencegah pergerakan bebas warga Palestina antara Gaza utara dan selatan.

Pasukan ditempatkan di sepanjang perbatasan sempit antara Gaza dan Mesir, yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia.

Penguasaan Israel saat ini di Koridor Philadelphia memberi mereka kendali atas perbatasan Gaza dengan Mesir, yang hanya melalui wilayah non-perbatasan Israel.

Hamas mengatakan Israel telah mengubah persyaratan dan parameternya pada menit-menit terakhir dan khawatir bahwa konsesi apa pun akan dipenuhi dengan lebih banyak tuntutan.

Dalam siaran persnya pada hari Minggu, Hamas mengatakan usulan dari perundingan minggu lalu serupa dengan posisi terbaru Netanyahu dalam menetapkan kondisi baru.

Hamas meminta para mediator untuk tetap menerapkan kerangka perjanjian versi Juli, daripada memulai negosiasi baru.

Baca Juga: AS Rencanakan Gencatan Senjata Israel-Hamas di Gaza

Dalam pernyataan sebelum perundingan pekan lalu, kantor Netanyahu menolak mengajukan tuntutan baru.

Posisi ini dikatakan merupakan pengembangan dari usulan sebelumnya.

Hal ini dinyatakan dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Perdana Menteri Israel. Usulan Israel pada bulan Mei mengatakan hanya warga sipil tak bersenjata yang diizinkan kembali ke Gaza utara melalui koridor Netzarim. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top