MediaTek Dimensity 9400 Meluncur, Chip HP Flagship yang Dukung AI Generatif

virprom.com – Perusahaan semikonduktor Taiwan MediaTek telah meluncurkan System on Chip (SoC) andalan baru bernama Dimensity 9400. 

Penerus Dimensity 9300 yang dirilis tahun lalu ini menjanjikan peningkatan dari segi performa CPU, kemampuan AI, dan fitur pendukung gaming.

Dimensity 9400 memiliki total CPU delapan inti (quad-core) yang terdiri dari satu Cortex-X925, tiga Cortex-X4, dan empat Cortex-A720 yang memiliki clock lebih dari 3,62 GHz. 

Pada konfigurasi ini, chip tersebut diklaim menawarkan performa single-core 35 persen lebih cepat atau performa multi-core 28 persen lebih cepat, terutama dibandingkan Dimensity 9300.

Baca juga: Nvidia dan MediaTek bekerja sama memproduksi monitor G-Sync yang lebih murah

Tak hanya itu, Dimensity 9400 juga diklaim 40 persen lebih hemat energi dibandingkan pendahulunya. Pasalnya chip ini didesain menggunakan proses manufaktur 3 nm generasi kedua TSMC. Sedangkan pendahulunya masih menggunakan manufaktur 4nm.

Dimensity 9400 juga dilengkapi GPU Immortalis-G925 untuk menangani grafis perangkat. Dukungan ini diklaim menawarkan performa GPU hingga 41 persen lebih cepat dan ray tracing hingga 40 persen lebih cepat.

Akibatnya, fps mungkin sedikit meningkat pada game tertentu di perangkat dengan chip ini. Meski meningkat secara keseluruhan, daya yang dikonsumsi GPU diklaim tetap hemat, dengan penghematan daya hingga 44 persen. 

MediaTek dan Arm juga terus mengembangkan teknologi HyperEngine yang menawarkan resolusi dan kualitas visual luar biasa. Omong-omong, dukungan layar yang didukung chip ini adalah WQHD Plus dan kecepatan refreshnya mencapai 180 Hz. Chip seluler pertama dengan LoRA

Dimensity 9400 dilengkapi dengan NPU generasi ke-8 untuk mendukung perintah berbasis kecerdasan buatan (AI). Chip ini juga akan mendukung Google Gemini Nano, namun belum diketahui kemampuan apa yang akan diungkap hasil kolaborasi MediaTek dengan Google.

Baca juga: Huawei Gugat MediaTek, Ada Apa?

MediaTek juga telah mengintegrasikan Dimensity Agentic AI Engine (DAE) ke dalam Dimensity 9400, sejenis kerangka AI yang akan memudahkan vendor ponsel untuk membuat mesin AI mereka sendiri. 

Tak hanya itu, chip ini juga menawarkan pelatihan LoRA pada perangkat. Artinya, seperti dilansir Talk Android, aplikasi berbasis AI dapat mempelajari dan meningkatkan pemahamannya langsung dari ponsel tanpa perlu mengirimkan data ke cloud terlebih dahulu.

MediaTek bahkan mengklaim bahwa Dimensity 9400 merupakan chip seluler terlatih LoRA pertama di dunia. Kemungkinan lainnya adalah pengguna dapat membuat video berkualitas tinggi dari perintah teks. Mendukung kamera 320 MP dan jaringan 5G

Untuk foto dan video, chip ini mendukung resolusi perekaman video 4K 60 fps 10-bit dengan zoom HDR full-range, resolusi kamera hingga 320 MP, dan teknologi Smooth Zoom yang memudahkan pengambilan objek bergerak.

Dari segi jaringan, Dimensity 9400 memiliki modem 3GPP Release-17 5G yang mendukung jaringan 5G, WiFi 7 dengan tiga frekuensi (2.4GHz, 5GHz, 6GHz), Bluetooth, dan dual SIM. 

Chip ini juga dilengkapi teknologi MediaTek Xtra RangeTM 3.0 yang mampu meningkatkan jangkauan WiFi hingga 30 meter.

Menurut MediaTek, Dimensity 9400 akan diluncurkan di ponsel seri Vivo X200, termasuk Vivo X200 “biasa”, Vivo.

Apalagi chip ini akan mentenagai ponsel andalan Oppo, Find. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top