Apakah Penderita PCOS Bisa Hamil? Ini Penjelasan Dokter

virprom.com – Penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS) kerap dikaitkan dengan masalah kesuburan, namun bukan berarti pasien PCOS sudah pasti mengalami infertilitas.

Konsultan Fertilitas RSCM Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi Dr. Mila Maidarti, SpOG menjelaskan, kondisi ini lebih tepat disebut dengan “subfertilitas” yang berarti berkurangnya kemampuan untuk memiliki anak, dibandingkan infertilitas total.

“Pada penderita PCOS, ovulasi biasanya tidak terjadi setiap bulan karena tidak ada sel telur yang siap untuk dibuahi. Hal ini membuat mereka berisiko mengalami “subfertilitas”. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa hamil. “Dengan hati-hati dan sehat gaya hidup, kemungkinan hamil selalu,” kata dokter sekaligus dosen Universitas Indonesia itu, seperti ditulis Antara, Kamis (10/10/2024).

Baca Juga: Apa Penyebab PCOS? Berikut penjelasan dokter…

Mila menambahkan, PCOS merupakan penyebab utama gangguan ovulasi dan menyumbang sekitar 30 persen dari seluruh masalah kesuburan. Dari jumlah tersebut, sekitar 80 persen berkaitan dengan PCOS.

Penderita PCOS seringkali memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, misalnya dua atau tiga bulan sekali. Ini menunjukkan bahwa kemungkinan besar mereka tidak berovulasi.

Meski demikian, Mila menegaskan, perbaikan gaya hidup seperti pola makan sehat dan olahraga teratur bisa sangat membantu pasien obesitas.

“Banyak pasien saya, terutama yang obesitas, berhasil hamil tanpa intervensi medis yang rumit setelah mengatur gaya hidup dan dengan bantuan ahli gizi. Selama saluran tuba baik-baik saja dan sperma suami normal, maka tidak apa-apa, katanya. kemungkinan hamil masih tinggi,” kata dr Mila.

Baca Juga: 3 Jenis Latihan Pereda PCOS yang Perlu Diketahui Wanita

Terkait istilah “detoksifikasi rahim” yang sering dikaitkan dengan peningkatan kesuburan, dr Mila menjelaskan, detoksifikasi rahim belum terbukti efektif secara ilmiah.

Detoksifikasi rahim biasanya mengacu pada ramuan herbal seperti ketumbar, jahe, dan kayu manis yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan mineral seperti magnesium dan zinc.

“Meskipun detoksifikasi rahim ini belum terbukti secara ilmiah, namun ramuan herbal kaya antioksidan ternyata dapat membantu meningkatkan resistensi insulin yang merupakan salah satu masalah utama pasien PCOS. Namun hal tersebut tidak boleh menjadi satu-satunya cara untuk meningkatkan kesuburan,” ujarnya. katanya.

Oleh karena itu, meskipun PCOS dapat mempengaruhi kesuburan, banyak pasien yang dapat hamil melalui perbaikan gaya hidup dan perawatan yang tepat, dan penggunaan metode herbal seperti detoksifikasi rahim dapat menjadi pengobatan tambahan namun tidak boleh dianggap sebagai solusi utama. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top