Pakai Oli yang Tidak Tepat Bisa Ganggu Kinerja Motor

JAKARTA, virprom.com– Pemilihan oli yang tidak memenuhi spesifikasi mesin dapat berdampak serius pada performa mobil. Kesalahan ini tidak mempengaruhi pengoperasian mobil sehari-hari, namun dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Wahu Budi, Research Analyst PT Wahana Makmur Sejati menjelaskan, pemilihan oli yang salah dapat menimbulkan masalah seperti kerak dan mesin terlalu panas.

“Jika pelumasan tidak maksimal, mesin bisa cepat panas dan kerak kapur menumpuk di dalam. Kondisi ini tidak hanya menurunkan performa, tetapi juga dapat merusak bagian mesin dan mengurangi efisiensi bahan bakar, kata Wahyu kepada virprom.com, Senin (9/9/2024).

Baca Juga: Pengendara Bahagia Sering Dicap Sombong, Kata Toyota

Selain itu, oli yang tidak memenuhi spesifikasi pabrikan dapat menyebabkan kerusakan parah pada bagian-bagian mesin sehingga memerlukan perbaikan yang mahal.

Wahew menegaskan, hal ini kerap terjadi karena pemilik mesin kurang memahami pentingnya spesifikasi oli.

“Pemilihan oli yang salah dapat memperburuk masalah pelumasan dan pada akhirnya meningkatkan biaya perawatan dan perbaikan,” tambahnya.

Untuk menghindari risiko tersebut, Wahoo menyarankan pemilik mobil untuk selalu mengikuti instruksi pabriknya saat memilih oli yang tepat. Penggunaan oli yang tepat tidak hanya membuat mesin tetap dingin dan bersih, namun juga memperpanjang umur mesin.

“Pemilik mesin dan teknisi harus berhati-hati dalam memilih oli berdasarkan spesifikasi mesin dan melakukan perawatan rutin untuk menjaga performa tetap optimal,” tutup Wahew.

Baca Juga: Harga Skutik 150cc Bekas September 2024, Nmax Mulai Rp 16 Jutaan

Dengan memastikan kualitas pelumasan yang tepat, pemilik mobil dapat menjaga mesin tetap dalam kondisi prima, memperpanjang masa pakainya, dan menghindari masalah akibat ketidakpedulian dalam pemilihan oli. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top