Kemenkes: Saring Informasi di Media Sosial agar Sehat Mental

virprom.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menekankan pentingnya masyarakat membaca dan menyaring informasi di media sosial untuk menjaga kesehatan mental.

Menurut saya, informasi yang kita punya saat ini sudah banyak. Kita memang harus lebih mengedukasi dan menyaring informasi yang kita butuhkan, karena di media sosial banyak sekali, kata Direktur Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan. Kesehatan (Camankes) Imran Pambudi, Jumat (10/11/2024) Ditulis Antara.

Imran mengatakan, media sosial ternyata menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan mental.

Menurutnya, sangat sedikit orang yang mengalami stres karena gaya hidup atau prestasi baik yang ditampilkan di media sosial.

Baca juga: 4 Cara Jaga Kesehatan Reproduksi di Tempat Kerja Menurut Kemenkes

Faktanya, tidak semua yang ada di media sosial itu benar atau benar, sehingga masyarakat perlu menjadi pembaca dan memverifikasi media sosial.

Selain itu, penyebab lain dari masalah kesehatan mental adalah aspek keuangan masyarakat secara keseluruhan yang tampak menurun.

Oleh karena itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak membandingkan status keuangan atau kesejahteraannya dengan orang lain.

“Masyarakat lega dengan pengalaman orang lain ya. Jadi untuk hal seperti itu, saya kira literasi itu penting untuk menyaring informasi, agar kita tidak khawatir dan tetap sehat mental,” ujarnya.

Baca Juga: Kesehatan Mental Itu Penting, Mengapa? Ulasan ini adalah…

Lebih lanjut Imran mengatakan Kementerian Kesehatan telah melakukan upaya komprehensif dalam menangani permasalahan kesehatan jiwa di Indonesia, meliputi upaya pencegahan, koreksi, rehabilitasi, dan perbaikan.

Upaya ini dilakukan terhadap orang tua dan anak-anaknya, dimana orang tua diberikan pendidikan yang baik agar dapat menjaga anak-anaknya dengan baik.

Secara keseluruhan, inisiatif ini membawa ibu hamil ke pikiran yang bahagia dan sehat.

Kemudian pada setiap kelompok masyarakat diupayakan rehabilitasi keterbelakangan mental di sekolah, perguruan tinggi dan tempat kerja.

“Jadi kalau ada yang merasa tidak baik, tahu harus bicara atau cerita ke siapa. Bagaimana mulai menghibur orang agar masalah yang dulu tertekan,” tuturnya. . Dengarkan berita dan dengarkan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top