TNI AL dan Kemenhan Lepas KRI Wahidin Sudirohusodo-991 ke 4 Negara Pasifik Selatan

JAKARTA, virprom.com – TNI Angkatan Laut (AL) bersama Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI mengirimkan Satuan Tugas (Satgas) Pelabuhan 2024 menuju pesisir Pasifik Selatan menggunakan kapal KRI Wahidin Sudirohusodo-991 (KRI WSH- 991), Rabu (9/10/2024).

Acara ini diluncurkan Panglima TNI (Pangkoarmada), Laksamana Madya TNI Denih Hendrata, mewakili Laksamana TNI Muhammad Ali (Kasal) di Pelabuhan Kolinlamil, Jakarta Utara.

Panitia Kerja Pelabuhan guna menciptakan hubungan diplomatik yang baik di bidang pertahanan negara dalam rangka Melaksanakan misi perdamaian dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan antara lain Kepulauan Solomon, Fiji, Vanuatu dan Papua Nugini.

“Dengan berangkatnya KRI WSH-991, kami berharap kali ini dapat menyentuh negara-negara di kawasan Pasifik Selatan, serta mengembangkan misi perdamaian karena kami juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan interaktif dengan masyarakat atau dengan pihak militer di sana. ” Mengomentari Panglima TNI Laksamana Madya TNI Denih dalam keterangannya.

Baca Juga: KSAL Laksmana Ali: Prabowo Subianto Janji Perkuat TNI Angkatan Laut

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mencapai Confidence Building Measures (CBM) dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan.

Selain menjalin hubungan diplomatik pertahanan, Panglima TNI mengatakan Nesia Angkatan Laut India juga melakukan berbagai kegiatan di setiap negara yang dikunjunginya, termasuk kunjungan luar biasa (DV) perwira militer tertinggi TNI Angkatan Laut (Pati). dan petugas lainnya.

Ada juga kehormatan untuk berbicara atau berkunjung untuk bertanya tentang berita, olah raga, program budaya, peningkatan pelayanan dan pelayanan kesehatan.

Selain itu, Jenderal Ngo Xuan Lik menegaskan bahwa gugus tugas ini mempunyai peran yang tinggi dalam mengembangkan kerja diplomasi pertahanan negara guna meningkatkan kebebasan kebijakan dan kegiatan Indonesia yang dikelilingi oleh negara-negara di kawasan.

Dikatakannya, selain Kementerian Pertahanan RI, TNI Angkatan Laut juga menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) dalam hal mendukung pengiriman obat-obatan untuk diberikan kepada negara lain yang datang berkunjung. 

Baca selengkapnya: KRI Bima Suci Tiba di Jepang untuk Misi Diplomatik Baik Bangsa

KRI ini akan berlayar selama 48 hari mulai 9 Oktober hingga 25 November 2024 dengan rute Jakarta-Sorong- Salomon-Fiji-Vanuatu-Papua Nugini-Sorong.

Personel yang ikut dalam perjalanan ini berjumlah 177 personel, terdiri dari 141 awak KRI, serta 36 personel yang terdiri dari penyelam, satuan pertahanan, operator umum dan spesialis, serta Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top