Orangtua Diminta Perhatikan Waktu Pemberian Teh pada Anak

virprom.com – Orang tua diminta berhati-hati dalam memberikan teh kepada anak, karena dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak.

Dokter Spesialis Anak Universitas Indonesia Dr. Ria Yoanita Sp.A menyarankan para orang tua untuk memperhatikan waktu pemberian teh dan jumlah tehnya, agar anak tidak terlalu banyak minum teh.

Menurutnya, anak-anak seringkali tidak mau makan setelah minum teh karena merasa kenyang, padahal teh tidak mengandung zat gizi makro yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

“Teh tidak mengandung zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, serta hanya mengandung sedikit mineral. Hal ini dapat membahayakan anak-anak yang membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya,” kata Ria, ditulis Antara, Jumat (11/10). /2024).

Baca juga: Mengapa Anak Tidak Boleh Minum Teh? Inilah faktanya…

Selain itu, polifenol dan asam fitat yang terkandung dalam teh dapat menghambat penyerapan zat besi sehingga meningkatkan risiko kekurangan zat besi pada anak.

“Teh mengganggu penyerapan zat besi dan anak-anak rentan mengalami anemia defisiensi besi, sehingga menyebabkan penambahan berat badan, yang lama kelamaan dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan jika tidak segera ditangani,” kata Rhea.

Baca Juga: Resepnya Viral, Dokter Anak Jelaskan Kapan Bayi Boleh Minum Teh

Oleh karena itu, teh sebaiknya tidak digunakan sebagai pelengkap makanan dan tidak boleh diminum saat makan.

Ria juga mengatakan teh tersebut mengandung kafein, teobromin, dan teofilin yang merupakan stimulan yang dapat membuat anak terlalu aktif dan mengantuk.

Selain itu, teh bersifat diuretik, sehingga anak yang terlalu banyak minum teh akan sering buang air kecil.

Ria mengingatkan, teh celup sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak karena mengandung gula yang cukup banyak. Minuman tinggi gula dapat meningkatkan risiko obesitas. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top