Mudah, Begini Cara Pembuatan SIM Pakai NIK KTP

JAKARTA, virprom.com – Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) kini bisa dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Berdasarkan masa berlaku resmi Korlantas Polri, pembaruan nomor SIM dengan NIK bisa dilakukan jika masa berlakunya diperpanjang. Sedangkan bagi pemohon SIM baru otomatis beradaptasi dengan NIK KTP.

Selain menggunakan NIK, kartu SIM baru yang diterbitkan Polri mulai Juli 2024 ini juga akan memiliki lambang khusus mobil atau motor, sesuai dengan jenis kartu SIM yang dipilih.

Baca Juga: Citroen Sebut Komponen Lokal Akan Digunakan di E-C3

 

Anda dapat mengatasinya dengan memperpanjang kartu SIM Anda secara offline dengan mengakses Samsat, Satpas atau layanan SIM seluler.

Sedangkan untuk pengurusannya secara online dapat dilakukan melalui aplikasi Digital Korlantas dengan cara sebagai berikut: Download aplikasi Digital Korlantas Polri di App Store atau Play Store Masukkan nomor ponsel yang terkait dengan nomor WhatsApp Anda lalu klik “Lanjutkan” “. Buat PIN atau password akun Anda. Daftarkan akun digital Korlantas Polri dengan memasukkan NIK, nama lengkap, nomor telepon dan alamat. Konfirmasikan e-KTP Anda. Aktifkan akun Anda dengan mengklik link konfirmasi yang dikirim melalui email. Setelah pendaftaran berhasil, klik “SIM baru/ekstensi SIM” Isi informasi pribadi Anda untuk meminta kartu SIM atau kartu SIM baru. Unggah dokumen yang diperlukan. Lakukan pembayaran sesuai instruksi. SATPAS).

Baca Juga: Harga Headphone Arai Makin Mahal, Namun Konsumen Masih Bisa Menerimanya

Lalu harga pembuatan kartu SIM baru dengan desain dan kondisi berbeda tidak berbeda dengan sebelumnya. Harganya sebagai berikut: SIM A Rp 120.000 SIM B1 Rp 120.000 SIM B2 Rp 120.000 SIM C1 Rp 100.000 SIM C2 Rp 100.000 SIM D Rp 50.000 Rp 50.000 Rp 50.000 SIM dan pilihan Hp baru Rp 50.000 langsung ke Hp baru. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top