Anak 19 Bulan di Malaysia Terkena Kanker Ovarium, Awalnya Sembelit dan Perut Kembung

virprom.com-Seorang bayi berusia 19 bulan di Malaysia didiagnosis menderita kanker ovarium, penyakit yang menyerang wanita lanjut usia.

Ibu bayi tersebut, Fallarystia Sintom, menyadari ada yang tidak beres pada bulan Agustus setelah anaknya mulai mengalami sembelit dan mual.

Bayi juga kurang aktif dari biasanya dan hanya ingin digendong.

“Anak saya merasa tidak nyaman dan karena dia belum bisa berbicara, dia hanya menangis saat kesakitan,” kata Fallarystia, 25 tahun, menurut Straits Times.

Baca Juga: Gejala Kanker Ovarium Tersembunyi yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Keluarga tersebut, yang tinggal di Sabah, mencari pengobatan di rumah sakit di daerah tersebut, namun kanker tersebut didiagnosis setelah bayi tersebut dipindahkan ke rumah sakit khusus wanita dan anak-anak ketika jumlah darahnya turun secara signifikan.

Dokter di sana menemukan tumor berukuran 13,5 cm dan setelah operasi pada tanggal 2 Oktober memastikan bahwa anak tersebut menderita kanker ovarium stadium 3.

Asosiasi Penelitian Kanker Ovarium (Ocra) nirlaba mengatakan ada 4 stadium kanker ovarium, dengan stadium 4 adalah yang paling parah.

Kanker ovarium stadium 3 biasanya berarti kanker telah menyebar dari satu atau kedua ovarium ke area di luar panggul, seperti perut, kelenjar getah bening di dekatnya, atau permukaan hati.

“Saat mereka bercerita, saya sangat sedih karena anak saya masih kecil dan kehilangan rahim kanan,” kata Fallarystia.

Baca juga: Apa saja pilihan pengobatan kanker ovarium? Ini infonya… Menurut Ocra, hampir 90 persen wanita yang mengidap kanker ovarium berusia di atas 40 tahun.

“Selama ada obatnya, masih ada harapan,” kata Fallarystia. Apa itu kanker ovarium pada anak?

Laporan dari website National Cancer Institute, tumor ovarium pada anak ditemukan di jaringan ovarium. Kebanyakan tumor ovarium pada anak-anak tidak bersifat kanker.

Kanker ovarium pada anak-anak sangat jarang terjadi, namun paling sering terjadi pada wanita berusia antara 15 dan 19 tahun.

Kanker ovarium adalah kanker yang tumbuh dan berkembang di ovarium atau saluran tuba, dua organ di sisi kanan dan kiri rahim.

Setiap telur berukuran dan berbentuk almond pada betina besar. Ovarium menghasilkan sel telur dan hormon wanita.

Beberapa jenis tumor ovarium yang terlihat pada anak-anak:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top