Pertemuan Prabowo-Erdogan Bahas Serangan Israel ke Palestina

Jakarta, virprom.com – Serangan Israel ke Jalur Gaza Palestina menjadi perbincangan saat Menteri Pertahanan dan Presiden terpilih RI Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan Turki di Ankara pada Selasa (30/7/). 2024 waktu setempat).

Menurut Direktorat Komunikasi Turki, Erdogan dan Prabowo membahas hubungan bilateral kedua negara dan serangan Israel di Gaza, serta masalah keamanan regional dan global.

Erdogan mengatakan negara-negara Islam harus meningkatkan upaya mereka untuk mengakhiri penindasan Israel terhadap wilayah Palestina.

“Dan mulai Oktober 2023 Israel akan memberikan bantuan kemanusiaan darurat ke Gaza di mana 39.000 warga Palestina telah terbunuh,” kata Erdogan seperti dikutip Anadolu Agency.

Baca Juga: Temui Erdogan, Prabowo Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan

Erdogan mengatakan Turki dan Indonesia harus bekerja sama secara efektif melalui platform internasional seperti PBB, Organisasi Kerja Sama Islam, G20, dan MIKTA.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga mengakui pentingnya peran Indonesia dan Turki sebagai pemimpin kawasan yang harus memberikan kontribusi besar bagi perdamaian dunia.

“Indonesia memandang Turki sebagai negara yang penting, bersahabat, dan mitra kerja sama pertahanan. Hubungan ini perlu ditingkatkan untuk membangun rasa saling percaya dan meningkatkan kapasitas angkatan bersenjata serta kapasitas sektor industri pertahanan kedua negara,” kata Prabowo dalam siaran pers. melepaskan. Kementerian Pertahanan RI pada Rabu (31/7) 2024 ).

Baca juga: Prabowo Sebut Turki Mitra Strategis Indonesia dalam Pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Hakan Fidan

Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Turki Yasser Guler di Ankara pada hari yang sama.

Bagi Yasser Guler, Prabowo berharap kerja sama bilateral Indonesia dan Turki semakin erat pada tahun ini.

“Saya melihat masih besar ruang kerja sama di bidang pertahanan yang akan saling menguntungkan kedua negara. Prabowo mengatakan ini merupakan peluang bagi Indonesia dan Turki untuk lebih meningkatkan kerja sama di masa depan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top