8 Hal yang Menyehatkan Jantung Memperlambat Penuaan Biologis

virprom.com – Menjaga kebiasaan sehat jantung juga dapat membantu mengurangi penuaan biologis hingga enam tahun.

Sebuah studi dari Columbia University yang dipresentasikan pada American Heart Association Scientific Sessions 2023 mengungkap hal tersebut.

Bukti penelitian menunjukkan bahwa kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) berkaitan erat dengan fungsi seluruh sistem tubuh kita, termasuk penuaan sel.

Lanjutkan membaca artikel ini, yang akan mengulas lebih banyak kebiasaan menyehatkan jantung untuk memperlambat penuaan.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membantu Anda Hidup Lebih Lama Apa hasil penelitiannya?

Para peneliti mengutip jurnal Health yang mengatakan bahwa kesehatan kardiovaskular yang lebih baik dikaitkan dengan penuaan biologis yang lebih lambat.

Kesehatan kardiovaskular yang baik juga memperpanjang umur dan mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit lain yang seiring bertambahnya usia.

Dr.Noor Makarim

Temuan ini diperoleh dengan mengukur delapan faktor fundamental kehidupan dari American Heart Association (AHA).

Baca Juga: 6 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan, Termasuk Panjang Umur

Delapan kebiasaan menjaga kesehatan jantung adalah: Makan lebih sehat Jalani hidup aktif Berhenti merokok Pola tidur yang lebih sehat Kendalikan berat badan Kendalikan kadar kolesterol Kelola kadar gula darah Kelola tekanan darah

Pengamatan terhadap 6.500 peserta mengungkapkan bahwa usia biologis mereka yang mendapat nilai tertinggi dalam delapan daftar periksa, rata-rata, enam tahun lebih muda dari usia kronologis mereka.

Usia kronologis adalah berapa tahun seseorang telah hidup. Sedangkan usia biologis diukur dengan memperhatikan kerja metabolisme, fungsi organ, genetika, dan gaya hidup.

Orang dengan kebugaran kardiovaskular yang baik memiliki rata-rata usia kronologis 41 tahun dan rata-rata usia biologis 36 tahun.

Peserta dengan kesehatan kardiovaskular yang buruk memiliki rata-rata usia kronologis 53 tahun dan rata-rata usia biologis 57 tahun.

Oleh karena itu, memperbaiki gaya hidup sehat jantung dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk berumur panjang.

Baca Juga: Rahasia Jalan Kaki 8000 Langkah Panjang Umur Apa yang Harus Anda Lakukan Agar Jantung Tetap Sehat?

Dikutip dari Everyday Health, inilah yang harus dilakukan orang untuk mendapatkan peluang terbaik mendapatkan kesehatan jantung dan umur panjang:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top