Bahaya Sleep Apnea Lebih dari Sekedar Mengorok Keras

virprom.com – Sleep apnea, yang ditandai dengan suara dengkuran keras saat tidur, serta terhentinya pernapasan untuk sementara, tampaknya lebih berbahaya bagi kesehatan dibandingkan sebelumnya.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa insomnia dapat mempengaruhi beberapa jenis kanker, termasuk sistem pencernaan, ginjal, dan payudara.

Studi ini dipublikasikan di Journal of Clinical Sleep Medicine. Dari 1.990 orang yang didiagnosis menderita apnea tidur selama periode 13 tahun, 181 (9 persen) didiagnosis menderita kanker. Persentase ini penting.

Sebuah penelitian sebelumnya menemukan bahwa penderita sleep apnea memiliki rata-rata tingkat kanker 26 persen lebih tinggi dibandingkan populasi umum. Semakin parah sleep apnea, semakin tinggi pula risiko kanker.

“Penderita insomnia mencoba bernapas, namun aliran udara terhenti atau berkurang. Molekul oksigen yang berbeda pada dasarnya mengubah DNA dan menjadi pemicu kanker,” kata ahli paru Andrew Namen, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Baca Juga: 3 Tanda Mendengkur, Gejala Sleep Apnea

Diperkirakan satu miliar orang di seluruh dunia menderita insomnia. Gangguan tidur ini seringkali tidak terdiagnosis dan tidak diobati. Faktanya, 9 dari 10 penderita sleep apnea tidak menyadari gangguan yang mereka alami.

Sleep apnea dikaitkan dengan penyakit jantung, masalah pembuluh darah, dan gangguan saraf.

Sleep apnea terjadi ketika saluran udara tersumbat saat tidur, sehingga mencegah tidur melewati hidung atau mulut menuju paru-paru.

Berhentinya pernapasan dapat terjadi beberapa kali per jam, dan pada kasus yang parah, lebih dari 30 kali per jam. Kondisi ini juga dikenal sebagai hipoksemia intermiten (rendahnya kadar oksigen dalam darah).

Kekurangan oksigen dapat memicu reaksi biokimia dalam tubuh yang meliputi kerusakan DNA dan akhirnya memicu kanker.

Gejala awal sleep apnea antara lain napas tersengal-sengal, rasa lelah setelah bangun tidur, rasa kantuk berlebihan, terbangun dengan sesak napas secara tiba-tiba, dan mulut kering saat bangun tidur.

Baca juga: Mengapa Orang Curang? Cari tahu 5 penyebab dan cara mengatasinya, dengarkan berita dan update terkini kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran perpesanan favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top