Jokowi: Kedekatan TNI dengan Rakyat adalah Kekuatan Besar Negara

JAKARTA, Kompass.com – Presiden Joko Widodo mengenang kedekatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan rakyat merupakan kekuatan terbesar negara.

Hal itu diungkapkannya, Sabtu (10/5/2024) usai menjadi inspektur upacara pada upacara HUT TNI di Lapangan Lintas Monas, Jakarta Pusat.

Ia mengatakan, HUT TNI ke-79 yang dihadiri banyak warga menunjukkan betapa dekatnya TNI dengan rakyat.

“HUT TNI ke-79 menunjukkan betapa dekatnya TNI dengan rakyat dan kekuasaannya. Itu kekuatan besar negara kita. TNI dan rakyat bersatu,” kata Jokowi, Sabtu.

Meski begitu, dia menekankan masih banyak hal yang harus dinilai dalam pemerintahan baru. Jadi, dia mulai mengerjakan perbaikan dan evaluasi ke depan.

Baca Juga: Jokowi Anugrahkan Yudh Dharma Pratham dan Samkaryanugrah Bintang Samman di HUT TNI ke-79

“Masih banyak yang harus dievaluasi. Untuk diperbaiki. Tapi saya lihat progresnya sangat bagus,” ujarnya.

Selain itu, mantan Wali Kota Solo ini memastikan proses peralihan pemerintahan ke Presiden terpilih Prabowo Subiano berjalan lancar.

Untuk mendukung transisi, badan pengatur dan peraturan telah dipenuhi.

“(Transisi pemerintahan) berjalan dengan baik. Berjalan dengan baik. Tidak ada masalah. Instansi harus siap sebelum pelantikan. Saya kira undang-undangnya juga bisa diselesaikan,” jelasnya.

Baca juga: Jokowi: Terima kasih kepada TNI yang dukung tugas presiden selama 10 tahun

Sebagai informasi, Jokowi menjadi pengamat upacara pada perayaan HUT ke-79 TNI.

Acara HUT TNI diawali dengan penampilan drum band gabungan TNI dan 2 pesawat Cessna TNI yang masing-masing bertuliskan “TNI Prima Indonesia Maju” dan “HUT TNI ke-79 Tahun 2024”.

Ia kemudian melanjutkan penerbangan aerobatik Rajawali Lot yang terbang di atas langit Monas sambil mengepulkan asap berwarna merah putih. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top