Pemerintah Pastikan Bakal Serap Aspirasi Rakyat dalam Revisi UU TNI hingga Polri

JAKARTA, virprom.com – Pejabat Khusus Presiden Bidang Undang-Undang Pertama Purwono meyakinkan pemerintah akan mendengarkan keinginan masyarakat terhadap 4 Rancangan Undang-Undang (RUU) yang sedang disusun.

Keempat RUU tersebut adalah RUU Kementerian Negara, RUU Keimigrasian, RUU TNI, dan RUU Kepolisian.

“Pemerintah selalu terbuka menerima masukan dari masyarakat, untuk memastikan partisipasi dan penegakan hukum yang efektif,” kata Dini dalam keterangannya kepada pers, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: Tanggapi Kontroversi Reformasi Konstitusi TNI, Panglima dan Panglima: Masyarakat Harus Paham…

Dini mengatakan keempat RUU tersebut merupakan program DPR.

Saat ini Inventarisasi Masalah (DIM) sebanyak 4 RUU dikelola oleh perusahaan yang berbeda.

“Organisasi Politik, Hukum, dan Keamanan saat ini mendukung RUU TNI dan RUU Polri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mendukung RUU Keimigrasian, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mendukung RUU Kementerian Negara,” ujarnya. .

Baca juga: Kontra Diminta Hentikan Negosiasi Revisi UU Polri

Dia menjelaskan, penyusunan DIM 4 RUU tersebut dilakukan dalam waktu 60 hari setelah Presiden menerima surat dari DPR.

“Sebagaimana diatur dalam Pasal 49 ayat 2 UU tentang Pembentukan Asas Hukum,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, DPR RI menyetujui amandemen empat undang-undang dalam rencana DPR, yakni amandemen UU Kementerian Negara, UU Keimigrasian, UU TNI, dan UU Kepolisian.

Penerimaan usulan undang-undang rencana DPR itu disampaikan dalam sidang ke-18 Wakil Presiden DPR-RI dari Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad memimpin ruang rapat Paripurna DPR-RI, Selasa (28/ 5/2024). .

Baca juga: DPR Kaji Ulang Perubahan UU TNI dan UU Polri

Dasco mula-mula memberikan kesempatan kepada sembilan kelompok untuk menyampaikan pandangannya mengenai perubahan empat aturan tersebut, namun hal tersebut bersifat tertulis.

Oleh karena itu, 9 partai tersebut menyampaikan pendapatnya masing-masing terhadap 4 RUU yang disetujui parlemen, ujarnya usai menerima penyampaian pendapat tertulis dari 9 partai tersebut.

“Bisakah itu didukung?” ujar Dasco.

“Setuju,” jawab anggota dewan. Dengarkan Injil dan pilih pesan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top