TNI AU Latihan Jalak Sakti dan Trisula Perkasa: Kerahkan F-16 hingga Helikopter Caracal

JAKARTA, virprom.com – TNI Angkatan Udara (AU) menggelar acara kerja sama udara dengan kode Jalak Sakti dan Trisula Perkasa 2024 di Lapangan Senjata Udara (AWR) Pangkalan TNI Angkatan Udara (Landud) Pangeran M. Bun Yamin, Tulang Bawang. , Lampung, Selasa, (11/6/2024).

Acara tersebut dilakukan untuk menguji kesiapan dan koordinasi konsep operasi udara gabungan dalam peperangan militer (OMP).

Selain itu, digelar latihan untuk menguji kinerja Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) di lingkungan Komando Operasi Udara (Koopsud) I dan Komando Pasukan Cepat (Kopasgat).

Baca Juga: Minta RUU TNI-Polri Disiapkan dengan Melibatkan Masyarakat, PP Muhammadiyah: Tak Perlu Terburu-buru.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal M Tonny Harjono menyaksikan langsung kejadian tersebut.

KSAU Tonny mengatakan, kejadian ini menunjukkan kekuatan Koopsud I dan Kopasgat serta tanggung jawab TNI AU terhadap rakyat.

Latihan Jalak Sakti dan Trisula Perkasa tahun ini berhasil, seluruh sasaran hancur dan yang terpenting keselamatan tetap terjaga tidak ada kecelakaan, kata Tonny dalam siaran pers Dinas Penerangan AU TNI, Rabu (12/6/2024). . )

Baca juga: Drone: Game Changer TNI Angkatan Udara TNI AU

Asetnya antara lain jet tempur F-16 dan Hawk 100/200, pesawat angkut C-130 Hercules dan pesawat CN-295, serta pesawat pengintai B-737.

Kemudian, helikopter yang terlibat adalah helikopter Super Puma, Caracal, dan Colibri.

TNI AU juga mengirimkan Kopasgat dan Satbravo-90 yang didukung delapan satuan tugas (Satgas) yaitu Satgas Hanud, Satgas Pendukung Operasi, Satgas Intelijen, Satgas Komlek, Satgas Penerangan, Satgas Khusus. , Satgas Kesehatan dan Satgas Teritorial yang terdiri dari 750 personel gabungan dari Koopsud I dan Kopasgat. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk menemukan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top