Blinken Tegaskan AS Inginkan Solusi bagi Lebanon, Bukan Konflik yang Lebih Luas

VIENTIANE, virprom.com – AS

Blinken menegaskan kembali bahwa Israel, yang melakukan serangan mematikan di Lebanon, “memiliki hak untuk mempertahankan diri” melawan Hizbullah.

Meski demikian, ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap situasi kemanusiaan di Lebanon.

Baca juga: Israel Serang Lebanon, 22 Orang Tewas, Pemimpin Hizbullah Kabur

“Kami terus menutup pintu untuk menghindari konflik yang lebih luas di kawasan ini,” kata Blinken kepada wartawan usai KTT Asia Timur di Laos.

“Kita semua mempunyai kepentingan yang kuat untuk membantu menciptakan lingkungan di mana orang dapat kembali ke rumah mereka, keselamatan dan keamanan mereka, anak-anak dapat kembali ke sekolah,” tambahnya, dikutip AFP.

Blinken mengatakan untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan upaya diplomasi.

“Jadi Israel mempunyai kepentingan yang jelas dan sangat sah dalam melakukan hal ini. Rakyat Lebanon juga menginginkan hal yang sama. Kami percaya bahwa cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah melalui pemahaman diplomatik, yang telah kami cari sejak lama, dan ini adalah hal yang sangat penting. fokus kami saat ini,” jelasnya.

Dia mengatakan bahwa Amerika Serikat akan berupaya mendukung negara Lebanon yang lemah itu untuk membangun kembali negaranya setelah kekuasaan panjang Hizbullah.

“Jelas bahwa rakyat Lebanon mempunyai kepentingan yang kuat terhadap negaranya untuk menegaskan diri mereka sendiri dan mengambil tanggung jawab terhadap negara dan masa depannya,” katanya.

Blinken juga mengatakan bahwa Amerika segera menyampaikan keprihatinannya kepada Israel atas situasi kemanusiaan di Gaza.

Baca Juga: 2 Prajurit TNI Terluka Saat Israel Tembak PBB Markas penjaga perdamaian di Lebanon

“Saya sangat prihatin dengan kurangnya bantuan yang diberikan kepada mereka,” kata Blinken.

Dia menambahkan bahwa Amerika telah menghubungi Israel secara langsung mengenai masalah ini.

  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top