Apakah Ban Berusia Lebih dari 5 Tahun Harus Diganti?

JAKARTA, virprom.com – Ban merupakan salah satu komponen penting dalam keselamatan berkendara, dan memperhatikan usia serta kondisi ban sangat penting untuk keselamatan berkendara.

Meski banyak orang yang menganggap ban perlu diganti lebih dari lima tahun berturut-turut, namun ada beberapa faktor yang menentukan ban tetap sebaiknya digunakan.

Zulpata Zainal, Brand Manager Gajah Tunggal (GT) Radial, menjelaskan usia tidak boleh dijadikan satu-satunya indikator dalam memutuskan penggantian ban.

Baca Juga: Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor MotoGP Makin Boros di MotoGP Tahun 2024

“Ban tidak selalu perlu diganti karena usianya sudah lebih dari lima tahun. Ban perlu diganti jika ada berbagai kondisi, seperti tapak yang aus atau botak, kerusakan fisik seperti pinus, retak atau luka tembus,” kata Zulpata. Kompas. .com, Selasa (8/10/2024).

Ia juga menambahkan, kerusakan ban bisa terjadi karena keausan yang tidak merata, biasanya disebabkan oleh kerusakan mendadak pada mobil tanpa ABS, atau karena kurangnya perawatan seperti tracking dan balance.

 

Tekanan udara yang tidak terjaga juga dapat menyebabkan kerusakan pada ban, seperti bagian samping melepuh.

“Dalam banyak kasus, ban yang berjalan dengan tekanan udara yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kerusakan lateral. Oleh karena itu, penggantian ban sebaiknya didasarkan pada kondisi bodinya, bukan hanya berapa lama ban tersebut digunakan atau diproduksi,” jelas Zulpata.

Baca juga: Faktor yang Membuat Konsumen Khawatir Saat Membeli Kendaraan Listrik

Dengan memperhatikan kondisi tapak, dinding ban, dan bahkan keausan, pengemudi dapat mengambil keputusan lebih tepat mengenai kapan harus mengganti ban, berapa pun usianya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda akses saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top