Baterai Hyundai Bisa Dipasok ke Merek Lain?

KARAWANG, virprom.com – PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power asal Korea Selatan, perusahaan patungan antara Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution, membuka pabrik sel baterai pertama di Indonesia pada Rabu (3/7/2024).

Pabrik yang berlokasi di Karawang New Industry City (KNIC) ini memiliki kapasitas produksi sebesar US$3,2 miliar (Rp 52 triliun) dan memiliki kapasitas produksi 10 gigawatt hour (GwH) dan akan terus bertambah secara bertahap.

“Kami menggunakan material dari Indonesia untuk baterai yang dipasang pada mobil yang kami buat di sini. Ini adalah contoh bagaimana kami dapat memperluas ekosistem,” kata Euisun Chung, Executive Chairman Hyundai Motor Group, Jawa Barat. Dikatakan di Jawa Barat.

Baca juga: TKDN Kona Electric Capai 80 Persen dengan Pabrik Baterai, Kata Luhut

Namun, dia belum bisa memastikan apakah sel baterai yang diproduksi pembangkit PT HLI Green Power bisa memenuhi kebutuhan kendaraan listrik merek atau negara lain seperti China atau Jepang.

Dalam dua tahun terakhir, penetrasi Tirai Bambu di Tanah Air dinilai sangat serius. Sebab, mereka belum menciptakan ekosistem kendaraan listrik mandiri seperti Hyundai.

“Saya kira kita bisa menggabungkan hal-hal dari Tiongkok dan hal-hal dari Indonesia. Tapi itu tergantung kebijakan pemerintah,” kata Euisun.

“Kami tidak bisa memutuskan hal ini; Jadi kita harus melihat aspek yang berbeda seperti masalah geopolitik. Nanti akan kami putuskan,” imbuhnya.

Baca juga: Hyundai Habiskan Rp 142 Triliun untuk Pabrik Baterai di Indonesia

Diketahui, sebagian besar mobil listrik China yang dijual di pasar dalam negeri menggunakan baterai lithium ferrous phosphate atau LFPL. Beberapa diantaranya adalah Wuling, Chery MG Termasuk seluruh produk BYD dan GAC Aion.

Sedangkan baterai yang digunakan Hyundai berjenis Nickel Manganese Cobalt (MNC) Lithium Ion. Baterai jenis ini digunakan pada model terlaris, Ioniq 5. Tonton berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top