Baznas Tegas Tolak Donasi Terkoneksi Israel, Dukung Boikot Global

virprom.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menegaskan komitmennya menolak sumbangan terkait Israel. Hal ini dilakukan sebagai jawaban atas tuntutan masyarakat, termasuk dari para pembayar zakat (muzaq) yang mendukung gerakan internasional anti-Israel.

Ketua Baznas Noor Ahmad mengatakan, harapan para pembayar zakat selalu menjadi perhatian Baznas, termasuk dengan mundurnya Israel.

Komitmen ini perlu kita tegaskan kembali untuk memperkuat kepercayaan masyarakat yang mempercayakan Baznas dalam pendistribusian bingkisan Palestina, ujarnya dalam siaran pers yang diperoleh virprom.com, Rabu (29/5/2024).

Selain itu, Noor menjelaskan posisi Bazna terhadap penarikan Israel. Ia mengatakan, partainya berpedoman pada posisi pemerintah yang mengutuk genosida Israel di Gaza, serta fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mendesak umat Islam membantu perjuangan Palestina.

Baca juga: Baznas: Sumbangan Daerah Indonesia untuk Palestina Capai 252 Miliar Rupiah

MUI sendiri telah mengeluarkan pedoman bagi umat Islam untuk tidak menggunakan produk buatan perusahaan yang terkait dengan Israel.

Oleh karena itu, Baznas mempersempit syarat penerimaan donasi untuk Palestina agar tidak menyinggung perasaan umat Islam dan simpatisan internasional terkait penderitaan Palestina.

“Baznas lebih berhati-hati (menerima donasi),” kata Noor.

Meski lebih berhati-hati, Noor menegaskan Baznas tetap aktif menerima dan membagikan bingkisan kepada masyarakat Gaza.

“Jutaan orang kelaparan di Palestina saat ini, dan setiap sen bantuan sangat berharga bagi mereka,” kata Noor.

Baca juga: Baznas Tak Lagi Terima Kado dari McDonalds Usai Diprotes Netizen

Bersama MUI, Baznas menyalurkan bingkisan masyarakat Indonesia kepada masyarakat Gaza. Wakil Kolektor Baznas I M. Arifin Purvakananta mengatakan, total sumbangan Indonesia hingga April 2024 berjumlah 43,1 miliar rupiah, termasuk 56,7 ton dalam bentuk natura.

Selain itu, Baznas bersama pemerintah dan Yordania juga terlibat dalam pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui jalur udara. Bantuan tersebut berasal dari berbagai sumber, antara lain Pusat Amil Zakat (LAZ), Baznas tingkat daerah, daerah, dan kota, serta sumbangan korporasi, sumbangan perseorangan, dan sumbangan sekolah. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top