Penyebab Umum Kopling Mobil Selip

Solo, virprom.com – Kopling mobil merupakan salah satu bagian penting pada sistem transmisi, fungsinya sebagai perpindahan dari mesin ke roda penggerak.

Namun seperti halnya bagian mekanis lainnya, kopling juga tidak lepas dari potensi masalah, salah satunya adalah tanda selip.

Masalah selip kopling ini bisa muncul secara bertahap seiring penggunaan kendaraan yang terus menerus, dan gejalanya sering kali diabaikan oleh pengemudi hingga semakin parah.

Ivan, pemilik Ivan’s Motor Honda Auto Clinic, mengatakan ada banyak penyebab kopling mobil selip.

Baca Juga: Video Pengendara Sepeda Motor Pura-pura Tabrak Mobil Viral

“Ada banyak part lama seperti cover lama dan pressure plate [clutch sun],” kata Evan baru-baru ini kepada Compass.com.

Lanjut Evan, penyebab lain kopling selip adalah melemahnya pegas tekanan kopling. Akibatnya tenaga yang dihasilkan mesin tidak dapat disalurkan dengan baik ke roda penggerak, dan kopling akan selip.

“Beban yang berlebihan, apalagi saat digunakan menanjak, bisa menyebabkan kopling selip,” kata Evan.

Lalu alasan lain yang disebutkan Evan adalah pengaturan jarak bebas kopling yang terlalu kecil sehingga menyebabkan kopling selip.

Baca Juga: Membuat Surat Izin Mengemudi yang Jujur Bisa Menghentikan Pengemudi Truk Berlari

Ujung-ujungnya kebocoran oli yang membuat kopling basah, kata Evan.

Memahami berbagai faktor penyebab kopling selip, mulai dari keausan bodi, beban berlebih, hingga penyetelan yang tidak tepat, penting bagi pengemudi untuk selalu melakukan perawatan rutin dan memastikan kopling dalam kondisi baik.

Dengan cara ini dapat mengurangi risiko selip kopling yang mengganggu kenyamanan berkendara dan merusak bagian transmisi. Dengarkan berita terkini dan berita utama kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top