Prabowo Disebut Pertimbangkan Turunkan Anggaran Makan Siang Gratis Jadi Rp 7.500 Per Anak

JAKARTA, virprom.com – Ekonom Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan, mengaku diundang berdiskusi tentang program pangan untuk anak bersama kelompok pilihan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Salah satu yang menjadi perdebatan adalah soal permintaan Prabowo untuk menyederhanakan anggaran Rp71 triliun agar bisa digunakan secara efektif dan menjangkau lebih banyak anak.

“Yang mau saya sampaikan, angkanya sudah dibicarakan dengan Pak Prabowo, kata mereka kepada saya. Angkanya Rp 71 triliun dan defisitnya 2,5 persen, bukan 3 persen atau 3,5 persen, itu tidak benar. Selasa, 16/ 7/2024, Heriyanto mengatakan: “Mereka menyetujuinya.”

Baca juga: Anggaran Gratis Rp 71 Triliun Masuk APBN 2025, Dari Mana Asalnya?

Dari situ, Heriyanto melihat adanya keinginan dari Prabowo untuk bisa menggratiskan program pangan, tanpa perlu menambah atau mengurangi anggaran sebesar 71 triliun.

Menurut Heriyanto, cara yang dikembangkan kelompok koordinasi dalam diskusi adalah dengan menurunkan biaya makan per anak dari 15.000 menjadi 7.500 reais.

“Yang menarik bagi saya bapak-bapak, setelah angka 71 triliun diumumkan, maka tugas ketua kelompok ekonomi terpilih itu memikirkan apakah harga pangan sehari-hari bisa diturunkan, sampai bisa lebih berhemat. . mulai Rp 15.000″, Heriyanto.

“Mungkin sampai Rp 9.000, sampai Rp 7.500 kira-kira begitu. Dan kita bisa maklumi, sebagai seorang politikus tentu ingin programnya bisa bermanfaat bagi banyak orang.”

Baca Juga: Budget Gratis, Meal Plan Gratis Jadi Mudah

Heriyanto juga menyadari perlunya efisiensi agar program makan gratis tetap berjalan sesuai anggaran yang tersedia.

Langkah perbaikan anggaran ini juga dinilai sebagai upaya baik pemerintah mendatang untuk menjaga keberlangsungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Jadi yang menurut saya penting, idenya adalah menjalankan rencananya dalam batas-batas itu. Beliau menutup pidatonya: “Dalam batas Rp 71 juta, jangan masukkan Rp 71 triliun ke dalam Rp 200 juta atau Rp 300.000”.

Sebagai informasi, Satgas Prabowo-Gibran memastikan program pangan akan dilaksanakan secara bertahap, tahun depan dipatok anggaran Rp 71 triliun.

Namun kelompok tersebut tidak memberikan rincian mengenai kinerja dan anggaran program tersebut.

Baca juga: Makan Siang Gratis Anggaran 2025 Dua Tahun Pembangunan IKN

virprom.com masih mencoba mengkonfirmasi ke tim ekonomi Prabowo terkait pernyataan Heriyanto tersebut.

Sementara itu, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan program makan gratis akan mudah dilaksanakan.

Pelaksanaan program tersebut akan mengikuti anggaran yang dialokasikan dalam APBN.

Pada Selasa, 16 Juli 2024, ia mengatakan, “Dalam RAPBN (anggaran pangan) masih sama, namun pelaksanaannya ada perubahan.” Dengarkan berita terkini dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top