Komnas HAM Turun ke Lapangan Telusuri Kasus Kematian Wartawan di Karo

JAKARTA, virprom.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terlibat mengusut kasus dugaan pembakaran rumah di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang menyebabkan meninggalnya reporter Tribrata TV Rico Perfect Pasaribu.

Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro mengatakan pihaknya telah melakukan sidak lapangan dan meminta informasi di lokasi kejadian pada 12-13 Juli 2024.

Komnas HAM memeriksa delapan orang saksi dan melakukan survei lapangan di TKP Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kata Atnike dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (18/7/2024), dikutip Antaranews.

Menurut dia, Komnas HAM selanjutnya akan berkoordinasi dengan Polda Sumut dan Densus Polsek Bukit Barisan untuk meminta keterangan mengenai proses penegakan hukum dalam kasus tersebut.

Baca juga: Moeldoko Minta KSP Pantau Kematian Jurnalis di Karo

Komnas HAM juga berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk memperkuat perlindungan saksi dan korban, ujarnya.

Atnike kembali mengatakan, “Selain itu, Kamnas Ham menuntut penegakan hukum yang adil dan transparan bagi seluruh pelaku kejahatan, baik pelaku kejahatan lapangan maupun pelaku kejahatan intelektual.

Diketahui, pada 15 Juli 2024, keluarga Rico Perfect Pasaribu didampingi pengacaranya Irvan Saputra dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Median mengadu ke Comnas Ham.

Kepada media, Irwan mengatakan pihaknya meminta Komnas HAM segera turun tangan menangani kasus tersebut.

“Kami meminta dan meminta agar Comnas Ham segera turun tangan dalam hal ini dan meminta Comnas Ham memanggil pihak-pihak yang terkait seperti Kapolri, Kapolri, dan Denpom atau Panglima TNI mengenai hal tersebut,” kata Irwan Komnas.

Baca juga: TNI Minta Transparansi Ungkap Kasus Pembakaran Rumah Jurnalis di Karo

Selain itu, Irwan juga mengatakan pihaknya meminta Kamnas Ham memanggil aparat TNI yang diduga membakar rumah Rico.

“Kami tidak berharap, tapi sangat meminta agar masyarakat memanggil Koptu HbH,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, rumah Rico Perfect Pasaribu di kawasan Nabung Surbakti, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terbakar pada Kamis 27 Juni 2024 dini hari.

Kebakaran ini menyebabkan empat orang meninggal dunia, yakni Rico Perfect Pasaribu, Efprida Boru Ginting (istri), Sudiinveseti Pasaribu (putra), dan Lowi Situngkir (cucu).

Kejadian malang ini diberitakan di berita. Pasalnya, Kepala Biro Karo Tribratatv.com, Sitta Gurning mengatakan, sebelum kejadian, Marson gencar memberitakan perjudian.

Karena itulah Sita meminta polisi mengusut kasus kebakaran tersebut.

Baca juga: Keluarga Korban Sebut Panglima Terlalu Dini Mengetahui Tak Ada Anggota TNI yang Terlibat Kebakaran Karo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top