Rangkuman Hari Ke-957 Serangan Rusia ke Ukraina: Serangan Depot Minyak | Rebut Desa di Ukraina

virprom.com – Perang antara Rusia dan Ukraina masih terus berlangsung. Padahal, ia memasuki hari ke-957 pada Senin (07/10/2024).

Pada hari Senin, Ukraina menyerang depot minyak yang dikuasai Rusia di semenanjung Krimea.

Sementara itu, di hari yang sama, Rusia mengklaim telah merebut sebuah desa di dekat kota penting Pokrovsk yang strategis di Ukraina timur.

Baca juga: Bawa Bola, Dua Penumpang Ditendang dari Pesawat, Aturan Sengketa dengan Maskapai

Berikut rangkuman hari ke-957 penyerangan Rusia ke Ukraina seperti dikutip kantor berita AFP. 1. Ukraina menyerang pangkalan minyak yang dikuasai Rusia

Pasukan Ukraina pada Senin (7/10/2024) menyerang terminal minyak di Semenanjung Krimea yang diduduki Rusia pada 2014.

Fasilitas atau fasilitas penyimpanan minyak merupakan salah satu fasilitas energi yang dikuasai Rusia.

Ukraina diketahui semakin intensif menyerang sektor energi Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

Tujuannya adalah untuk mengurangi pendapatan yang digunakan Moskow untuk memicu invasinya, yang kini sudah memasuki tahun ketiga.

“Malam ini serangan berhasil dilakukan terhadap terminal minyak lepas pantai musuh di wilayah Feodosia Krimea yang diduduki sementara,” kata tentara Ukraina di jejaring sosial tersebut.

Para pejabat yang dikerahkan Rusia ke Krimea mengatakan kebakaran terjadi di sebuah gudang minyak di kota pelabuhan Laut Hitam, yang berpenduduk sekitar 70.000 jiwa, dan tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Harris akan bertemu Putin saat dia mewakili Ukraina dalam pembicaraan damai

Pada saat yang sama, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa 12 dari total 21 drone Ukraina yang dikerahkan oleh Kiev jatuh di semenanjung itu semalam.

“Terminal Feodosia adalah terminal terbesar untuk transshipment produk minyak di Krimea, yang antara lain digunakan untuk memenuhi kebutuhan tentara pendudukan Rusia,” kata militer Ukraina, menurut AFP.

Menurut Ukraina, serangan itu merupakan pembalasan atas serangan Rusia terhadap infrastruktur energi, yang menyebabkan jutaan orang tidak tahu apa-apa.

Sementara itu, para pejabat Ukraina mengatakan tiga warga sipil tewas dalam serangan Rusia semalam.

Ketiganya adalah dua bersaudara berusia 35 dan 38 tahun di wilayah Sumy timur dan seorang wanita berusia 61 tahun di wilayah selatan Kherson. 2. Rusia mengklaim desa di Ukraina timur

Pada hari Senin, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim telah merebut sebuah desa dekat kota Pokrovsk yang penting dan strategis di Ukraina timur.

Dalam pengarahan, Kementerian Pertahanan mengumumkan bahwa mereka telah merebut desa Grodivka.

Baca juga: Elon Musk dukung penuh Trump di pemilu AS 2024

Desa tersebut merupakan pemukiman dekat Pokrovsk di wilayah Donetsk, ketika pasukan Rusia mendekati pusat logistik utama. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top