Apakah Headset Bisa Merusak Telinga? Begini Penjelasannya, Penting Diperhatikan

virprom.com – Pengguna harus mewaspadai dan mewaspadai bahaya headphone. Headphone, TWS (True Wireless Stereo) atau earphone merupakan perangkat audio pribadi yang paling banyak digunakan saat ini.

Sebagian besar pengguna memilih menggunakan headphone atau TWS untuk mendukung aktivitas mendengarkan audio di perangkat. Pilihan ini sangat tepat karena headphone mampu menghasilkan suara berkualitas tinggi.

Hasilnya, pengguna bisa mendengarkan musik, bermain game, atau menonton film dengan suara yang enak didengar menggunakan headphone. Meskipun headphone dapat memberikan pengalaman mendengarkan yang menyenangkan, namun bukan berarti tanpa potensi risiko.

Baca Juga: Cara Menggunakan Headphone Untuk Mencegah Sakit Telinga

Bisakah headphone melukai telinga Anda? Paparan suara keras yang dihasilkan alat bantu dengar dalam waktu lama dapat merusak telinga atau menyebabkan gangguan pendengaran bagi penggunanya.

Menurut Medical News, pada tingkat dan kondisi tertentu, kebisingan dari alat bantu dengar dapat merusak saraf pendengaran dan sel rambut, atau telinga bagian dalam.

Beberapa gejala gangguan pendengaran akibat penggunaan headphone atau TWS dengan volume tinggi antara lain: Telinga berdenging, berdenging, atau berdenging. Sulit untuk mendengar di lingkungan yang sibuk atau bising. Sulit untuk memahami suara yang dibuat orang lain. Suara itu harus terdengar sangat keras.

Menurut situs resmi University of Utah Medical Research Center, tidak perlu mencegah gangguan pendengaran akibat paparan suara keras.

Artinya, jika Anda mengalami perubahan pendengaran sementara, pengguna mungkin akan mengalami gangguan pendengaran pada tingkat dan waktu paparan yang lebih rendah di masa mendatang.

Mengingat risiko ini, pengguna harus selalu berhati-hati saat menggunakan alat bantu dengar. Ada beberapa cara menggunakan alat bantu dengar dengan aman untuk mencegah gangguan pendengaran.

Lantas, apa saja tips agar headphone tidak merusak telinga? Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, simak cara menggunakan alat bantu dengar agar tidak merusak telinga.

Baca Juga: 5 Gadget yang Bisa Dimanfaatkan untuk Menunjang Latihan Tips Menggunakan Headphone Agar Tidak Merusak Telinga

Ada beberapa cara pengguna dapat menggunakan headphone agar tidak merusak telinga. Misalnya, pengguna dapat mengatur volume headphone sesuai batas aman yang direkomendasikan oleh profesional medis.

Selain kebisingan, pengguna dapat membatasi durasi penggunaan alat bantu dengar untuk melindungi kesehatan pendengarannya. Di bawah ini penjelasan lebih detail mengenai beberapa cara menggunakan alat bantu dengar untuk mencegah kerusakan pada telinga. 1. Atur volume headphone ke kisaran aman

Cara menggunakan headset dengan aman yang pertama adalah dengan mengatur volume headphone ke tingkat yang aman. Berapa volume headphone yang andal? Volume yang disarankan adalah pada atau di bawah 60 persen volume maksimum.

Keith Johnson, M.D., seorang spesialis pendengaran atau audiologi di University of Utah, mengatakan bahwa semakin banyak Anda mendengar melalui alat bantu dengar, maka semakin cepat pula pendengaran Anda.

Perlengkapan audio saat ini dapat menghasilkan tingkat suara hingga 120 dBA. Sebagai referensi, dB (desibel) adalah satuan ukuran intensitas suara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top