Eks Penyidik Gerilya Bujuk Tokoh untuk Daftar Seleksi Capim KPK

Tak adalah orang terpercaya yang berpengalaman dalam pemberantasan korupsi.

Praswad mengatakan, salah satu tokoh yang sudah menyatakan kesediaannya untuk mendaftar sebagai calon pimpinan KPK adalah mantan Jaksa Agung Almasiah Sarajeh yang diharapkannya terpilih dan berupaya memulihkan KPK dengan baik.

Dia berkata: “Kami mengunjungi tokoh-tokoh yang berusia lebih dari lima puluh tahun, kami berbicara, minum kopi, dan pergi ke rumahnya. Misalnya saja kami mengunjungi Panj Alamsia Sarajeh, kata Praswad, Minggu, 14/7/2024.

Orang lain yang dipastikan terdaftar sebagai calon pimpinan KPK adalah mantan Menteri Energi dan Mineral Sudirman Said.

Baca Juga: Seleksi Calon Pimpinan KPK Karena Kepentingan, Dikatakan Karena Aturan Usia dan Sulit Independen

Praswad mengatakan Sudirman dinilai memiliki rekam jejak dan kemampuan yang baik dalam memimpin dan mengembangkan KPK.

“Kami bilang Pak Sudirman Saeed punya sejarah yang bagus. Beliau juga yang membeberkan kasus ‘ayah minta saham’ Freeport, konspirasinya, dan Pak Sudirman Saeed-lah yang menyebabkan keresahan di Indonesia saat itu.” kata Praswade.

Namun, mantan penyidik ​​KPK itu mengaku seluruh tokoh yang didatanginya bersama kelompok tersebut ingin segera mendaftar.

Pasalnya, KPK kini menjadi lembaga milik pemerintah.

“Orang-orang baik ini pada akhirnya memikirkan hal ini dan bahkan tidak ingin bergabung dengan lembaga yang bercampur dengan kekuasaan,” jelas Praswad.

Baca juga: Tutup Hari Pertama, Calon KPK Daftarkan 160 Orang, Dewas 121 Orang

Telah disebutkan sebelumnya. Komite Pencalonan Komisi Pemberantasan Korupsi (Bancil Kabim KPK) menyebutkan, hingga Minggu (14/7/2024) siang, sudah ada 160 orang yang mendaftar menjadi calon KPK.

“Yang terdaftar (akun) ada 765 orang. Kemudian pendaftar menyerahkan dokumen lengkap kepada 160 calon. Pendaftaran jabatan sore ini pukul 11.18 WIB,” kata Ketua Komite Partai KPK Muhammad Yusuf Ateh kepada virprom.com, Minggu.

Sementara itu, Dewas mengungkapkan jumlah calon anggota Dewan Pengawas KPK sebanyak 121 orang.

Jumlah pendaftar Pilkada KPK hingga Minggu ini lebih sedikit dibandingkan jumlah pendaftar pada 2019 yang berjumlah 376 orang.

Pendaftaran akan dibuka hingga Senin malam (15/7/2024). Dengarkan berita terbaru dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top