Ungkap Ada Kesepahaman Bentuk Kabinet Zaken, PAN: Banyak Ahli di Parpol, Jangan Meremehkan…

JAKARTA, virprom.com – Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo mengatakan ada kesepahaman antara partai politik (parpol) pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tentang pembentukan zaken kabinet atau kabinet keahlian.

“Kalau memang ada pandangan yang menginginkan kabinet yang benar-benar profesional, maka itu benar. “Ada pemahaman ke arah itu,” kata Dradjad dalam acara Gaspol virprom.com yang ditayangkan di YouTube virprom.com pada 16 September 2024.

Bahkan, dia meyakini kabinet ahli tetap bisa dibentuk meski ada partai politik di dalamnya. Sebab, banyak pakar dan teknokrat yang merupakan pengurus partai.

“Para ahli di parpol ini banyak, jangan anggap remeh parpol. Di partai politik banyak terdapat orang-orang yang memiliki kualifikasi profesional. Lihat saja di mana-mana: banyak jenderal profesional, banyak profesor, banyak ahli keuangan, banyak ahli hukum, katanya.

Baca Juga: Gerindra Dikaitkan dengan Kabinet Prabowo: Diumumkan di Hari Pelantikan Presiden, Nama Menteri Gerindra Sedikit

Namun, kata dia, kemungkinan besar akan ada pembedaan antara ahli atau ahli yang berafiliasi dengan partai politik dan yang tidak.

Sebelumnya, Dradjad mengungkapkan, nama Presiden Jenderal (ketum) dan sejumlah pejabat senior telah disampaikan terkait persiapan kabinet Prabowo.

“Bahwa proses pembahasannya mulai terbatas ya. “Cuma penandatanganan saja, setahu saya belum, kecuali nama presiden dan hanya orang-orang yang berpangkat tertinggi saja,” ucapnya.

Namun, menurut Dradjad, hanya nama-nama ketua umum partai di parlemen saja yang sejak awal membela Prabowo-Gibran.

“Kalau ketum merasa semua akan masuk, semua ketum akan masuk. Ketua parpol yang ada di parlemen. Kalau ketua parpol non parlemen, saya tidak tahu. Itu di luar hak saya. Tidak, di level Ketum, Ketum berada di puncak, ujarnya.

Baca juga: PAN Minta PDI Perjuangan Ikut Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Belum lama ini, Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut menteri profesional akan mendominasi kabinet Prabowo.

“Keberadaan orang-orang yang berpengalaman juga lebih nyata dibandingkan orang-orang yang tergabung dalam partai politik,” kata Dasco di gedung DPR RI, 12 September 2024.

Namun, kata Dasco, belum ada keputusan final mengenai jumlah kementerian atau nama yang akan masuk kabinet.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani juga mengutarakan hal serupa. Dia mengatakan, Prabowo ingin membentuk kabinet zaken atau kabinet buruh.

Menurut Muzani, Prabowo ingin para pembantunya di kabinet mendatang harus ahli di bidangnya masing-masing.

Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, mengatakan: “Pak Prabowo ingin ini menjadi pemerintahan kabinet yang zaken. Yang mana orang-orang yang duduk adalah orang-orang yang ahli di bidangnya, meskipun yang bersangkutan berasal atau dicalonkan oleh seorang partai politik.” pada tanggal 9 September 2024.

Baca juga: PAN Minta PDI Perjuangan Ikut Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top