Pemerintah Antisipasi Pergerakan Massa dari NTT ke Dili karena Kunjungan Paus Fransiskus

Jakarta, virprom.com – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) memperkirakan akan terjadi pengungsian besar-besaran dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Dili, Timor Timur akibat kunjungan Paus Fransiskus ke Dili.

Pj Deputi Janjari M. Bidang Koordinasi Persatuan Nasional Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Ghafar mengatakan, warga NTT kemungkinan besar akan berangkat ke Delhi untuk bertemu Paus Fransiskus yang rencananya akan berkunjung ke Delhi usai kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September mendatang. 2024.

Perpindahan WNI dalam jumlah besar dari NTT ke Dili tentunya perlu penanganan karena menyangkut aspek keselamatan, kesehatan, kesiapan logistik, sehingga kementerian/departemen terkait dan pemangku kepentingan harus mengambil langkah proaktif, kata Janajari dalam keterangannya. Siaran Pers Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Senin (29/7/2024).

Baca juga: Berapa Kali Bapa Suci Kunjungi Indonesia? Ini daftarnya

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggelar Rapat Koordinasi (RAKOR) dengan Kementerian/Lembaga dan TNI/POLI pada Rabu lalu (24 Juli 2024) di Hotel Borobudur Jakarta Pusat untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus. ).

Rapat koordinasi juga membahas kemungkinan agenda misa Paus Fransiskus di Wanimo, Papua Nugini, dua jam dari Jaipura.

“Rapat koordinasi ini juga memberikan informasi mengenai poin-poin yang perlu dipersiapkan tidak hanya di wilayah Jakarta dan perbatasan NTT-Timor-Leste, tetapi juga di perbatasan Papua-Papua Nugini,” kata Janezri.

Janezri mengatakan, pemerintah juga memastikan kelancaran operasional Paus di Jakarta.

Baca juga: Temui Garda Swiss, Pasukan Elit yang Melindungi Paus dan Vatikan.

Paus Fransiskus berencana mengunjungi Jakarta pada 3-6 September 2024.

Pemimpin Katolik itu akan menggelar beberapa acara, termasuk pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan menghadiri misa besar.

Setelah dari Jakarta, Paus Fransiskus akan melanjutkan kunjungannya ke Timor Timur dan Papua Nugini. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top